Waduh! Bumi di Masa Depan Bakal Miskin Hujan?

Belakangan ini, hujan sering mengguyur di beberapa daerah di Indonesia khususnya Jakarta. Akibatnya daerah-daerah tersebut juga mengalami banjir yang cukup parah. Berbanding terbalik dengan fakta tersebut, para ahli iklim dunia menyatakan kalau di masa depan bumi justru akan miskin hujan. Kok bisa?

kekeringan

Fenomena turunnya curah hujan di bumi itu menurut para ahli disebabkan oleh adanya pemanasan global. Hal ini berbanding terbalik dengan pemanasan sebelumnya yang justru meningkatkan curah hujan. Para ilmuwan menjelaskan kalau pemanasan akibat aktivitas manusia memiliki dampak berbeda dengan pemanasan dari radiasi matahari.

Perbedaan tersebut disebabkan karena gas rumah kaca memicu pemanasan pada zona atmosfer berbeda. Gas rumah kaca memperkecil perbedaan temperatur antarlapisan atmosfer. Atmosfer menjadi lebih stabil sehingga curah hujan menurun.

Bin Wang, peneliti dari International Pacific Research Center, University of Hawaii, mengatakan jika curah hujan menurun, maka secara rata-rata akan ada potensi peningkatan kekeringan di bumi kita ini nantinya.

Kita sebagai manusia harusnya sadar akan lingkungan sekitar, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Sebagai usaha pencegahan, kita bisa mulai dengan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi limbah atau melakukan gerakan penghijauan. Semoga saja dengan melakukan hal-hal tersebut, bumi dapat terselamatkan.


loading...
Waduh! Bumi di Masa Depan Bakal Miskin Hujan? | makinseru | 4.5