Unik, Fenomena Pelangi di Malam Hari

pelangi

Sebuah fenomena langka terjadi di air terjun terkenal di Zimbabwe bernama Victoria. Tampak pelangi melingkar di atasnya. Yang menakjubkan adalah pelangi ini hanya muncul di malam hari.

Atraksi alam yang dikenal sebagai “moonbow” ini berhasil diabadikan fotografer Charlie Hamilton James saat menuju Cataract Island di Zambezi River. Ia mengaku tidak mudah mendapatkan foto tersebut. Pasalnya, butuh perjuangan untuk menjangkau lokasi dan beberapa hari memotret.

“Lucunya itu tidak terlalu mengesankan dengan mata telanjang, karena hanya tampak seperti busur putih samar tanpa warna di dalamnya,” ungkap Charlie. “Melihatnya dari balik kamera adalah hal yang luar biasa.”

Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling besar di Bumi yang menghasilkan banyak titik air. Sebanyak 137 galon air ditumpahkan air terjun dengan ketinggian 100 meter dan lebar hampir 1,5 km itu.

Moonbow ini terjadi saat sinar bulan menimpa butiran air. Warna pelangi hanya akan terlihat saat dipotret karena mata telanjang tidak bisa memilah warna tersebut. Fenomena ini dapat terlihat saat bulan hampir penuh atau purnama.

Berikut ini foto pelangi “Moonbow” di air terjun Victoria:

pelangi1

pelangi2

pelangi3

pelangi4


loading...
Unik, Fenomena Pelangi di Malam Hari | makinseru | 4.5