Tak Disangka-sangka, 7 Artis Ini Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional

Negara Indonesia bisa lepas dari cengkraman penjajah dan merdekat berkat bantuan para pahlawannya. Jasa mereka sungguh besar hingga membuat Republik yang kita tinggali ini bisa bertahan lebih dari 70 tahun.

Baca Juga: Salut, 3 Seleb Ini Bela Pasangannya Usai Dihina di Sosmed

Oleh karena itu, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri jika ada garis keturunan pahlawan tersebut mengalir dalam diri kita. Dan siapa sangka, ternyata ada cukup banyak artis Indonesia yang ternyata masih satu aliran darah dengan tokoh pahlawan nasional.

Siapa saja mereka? Berikut Beranda sajikan daftar lengkapnya.

1. Karina Salim

Aktris dan penari Karina Salim selalu merasa bangga setiap kali Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan pada 17 Agustus. Pasalnya, ia merupakan cicit dari tokoh nasional H. Agus Salim.

H. Agus Salim merupakan tokoh penting yang pernah menjabat sebagai Mentri Luar Negri di era kepemimpinan Presiden Soekarno. Pada media, Karina sering mendapat penuturan dari keluarga bahwa kakek buyutnya merupakan sosok yang pintar dan menguasai banyak bahasa.

Hingga kini, mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata sudah menjadi tradisi bagi dirinya dan keluarga setiap tanggap 17 Agustus tiba.

2. Dewi Yull

Tak banyak yang tahu bahwa penyanyi senior Dewi Yull merupakan keturunan generasi ketiga dari Raden Mas Tirto Adhie Soerjo, tokoh penting yang mencetuskan lahirnya Pers Nasional.

Salah satu karya terbesar Adhie Soerjo adalah surat kabar Medan Prijaji, yang terbit di Bandung antara 1907 hingga 1912. Sejarah mencatat koran tersebut sebagai pertama yang menggunakan bahasa Indonesia.

Sayangnya, Adhie Soerjo dikenal sebagai sosok yang kritis dan sempat diasingkan oleh Pemerintah Belanda ke Maluku Utara. Hal ini juga yang membuat banyak catatan dan karya Bapak Pers Nasional itu dimusnahkan, hingga masyarakat Indonesia zaman sekarang tidak terlalu mengenalnya.

3. Nia Dinata

Sutradara terkenal Nia Dinata merupakan cucu langsung dari tokoh nasional Otto Iskandardinata. Di era pemerintahan Presiden Soekarno, Otto pernah mendapat jabatan sebagai Menteri Negara. Sayang, di akhir 1945 nasibnya harus berakhir tragis karena diculik dan dibunuh di Tangerang, Banten.

Begitu besar jasa Otto terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia, hingga pemerintah sempat mengabadikan wajahnya dalam lembaran uang pecahan 20.000.

Sebagai cucu pahlawan, Nia Dinata berjuang dengan caranya sendiri. Lewat film-film seperti Arisan dan Kisah Tiga Dara, ia mencoba untuk menyampaikan serta mengingatkan masyarakat tentang nilai-nilai penting yang ada dalam kehidupan.

4. Setiawan Djody

Banyak orang mungkin mengenal Setiawan Djody sebagai pengusaha sukses dan juga musisi terkenal. Tidak mengherankan, karena di era 80-an ia termasuk artis yang cukup produktif dan sering berkolaborasi dengan nama-nama legendaris macam Iwan Fals dan Totok Tewel.

Namun siapa sangka bahwa Setiawan Djody ternyata merupakan cucu dari pahlawan nasional dr. Wahidin Soedirohoesodo. Tokoh asal Sleman itu merupakan pendiri organisasi Budi Utomo, yang dianggap oleh banyak sejarawan sebagai awal dimulainya era Kebangkitan Nasional.

5. Dian Sastrowardoyo

Aktris terkenal Dian Sastrowardoyo kerap memukau banyak orang dengan akting-aktingnya yang prima di film seperti Kartini, Ungu Violet, hingga Ada Apa Dengan Cinta. Selain memang punya bakat besar, Dian juga dikenal cukup selektif dalam memilih skenario yang disodorkan padanya.

Namun siapa sangka, darah pejuang ternyata mengalir dalam diri mantan GADIS Sampul ini. Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo, salah satu tokoh yang berperan penting dalam digelarnya Kongres Pemuda II, merupakan kakek Dian.

6. Maia Estianty

Maia Estianty belakangan mulai merambah profesi anyar sebagai DJ dan juga pengusaha. Keduanya dilakoni oleh wanita asal Surabaya sejak ia memutuskan vakum dari Duo Maia pasca berpisah dari Ahmad Dhani.

Maia pun kini dikenal masyarakat sebagai sosok wanita yang tegar. Meski sempat dihadapakan pada kasus perceraian, ia mampu membuktikan diri sanggup bangkit dan hidup mandiri.

Keberanian Maia itu mungkin berasal dari garis keturunannya, yang masih bersinggungan dengan salah satu pahlawan nasional – H.O.S Tjokroaminoto. Konon Siti Oetari, nenek Maia, merupakan salah satu putri pendiri Syarekat Dagang Islam tersebut.

Selain itu, Siti Oetari juga kabarnya pernah menjadi salah satu istri Presiden Soekarno.

7. Asri Welas

Meski kerap tampil dengan pembawaan kocak ketika berada di depan layar TV, Asri Welas ternyata juga memiliki garis keturunan pahlawan. Menurut laporan yang beredar di berbagai media, Asri merupakan generasi ke-7 dari keturunan Pangeran Diponegoro.

Baca Juga: 6 Artis Cantik Ini Tak Melahirkan di Indonesia, Kenapa Ya?

Ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Asri juga terkejut. Menurutnya, dari keluarganya sendiri sama sekali tak pernah menyinggung bahwa mereka merupakan keturunan pahlawan legendaris Indonesia. Prev

loading...
Tak Disangka-sangka, 7 Artis Ini Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional | makinseru | 4.5