Sukses Di Industri Musik, 6 Seleb Ini Terjun Ke Dunia Politik

Dunia politik kini bukan lagi sesuatu yang asing untuk sebagian artis Indonesia. Hal ini ditunjang oleh keputusan partai-partai politik, yang sering menawarkan kesempatan pada beberapa seleb untuk menjadi kader. Namun demikian, tidak semua menerima atau mengiyakan sodoran itu.

Baca Juga: Asyik Berduaan, Tangan Nagita Mampir ke ‘Anu’ Raffi

Sebelumnya, dunia politik Indonesia sudah diramaikan oleh para politisi anyar yang berasal dari kalangan pelawak, aktris, atau aktor. Namun beberapa tahun terakhir, justru ada banyak sosok dari industri musik yang coba beralih profesi menjadi pejabat pemerintahan.

Siapa saja mereka? Berikut Beranda sajikan daftar 6 seleb yang sudah sukses di dunia musik, namun kemudian memutuskan terjun ke dunia politik.

1. Anang Hermansyah

Istimewa

Anang Hermansyah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai produser musik ternama. Tak hanya pandai mengorbitkan bakat baru, pria asal Jember ini juga piawai menciptakan lagu hits yang disukai masyarakat. Banyak lagu hasil karyanya yang kerap dinyanyikan oleh Krisdayanti, mantan istrinya.

Anang sendiri kini sudah jarang muncul di layar kaca atau meramaikan industri musik Indonesia. Pria yang sudah menjadi suami Ashanty itu tengah sibuk dengan jabatan anyarnya sebagai Anggota DPR RI Komisi X periode 2014-2019 dari Partai Amanat Nasional.

2. Pasha Ungu

Istimewa

Kepopuleran Ungu sebagai salah satu band dengan penggemar terbanyak di Indonesia tak terlepas dari kehadiran Pasha sebagai vokalis. Suara merdu dari pria berusia 37 tahun itu membuat masyarakat terbius dengan beberapa lagu hits seperti ‘Demi Waktu’ dan ‘Tercipta Untukmu’.

Ungu sendiri kini tengah vakum. Hal itu tak terlepas dari keputusan Pasha untuk serius di dunia politik. Pria kelahiran Donggala itu kini menjadi wakil walikota Palu, setelah memenangkan pemilu 2015.

3. Andika Kangen Band

Istimewa

Popularitas Andika di dunia hiburan tanah air kian terangkat seiring dengan sukses yang sempat diraih oleh Kangen Band. Namun demikian, karirnya kemudian perlahan meredup usai mereka tak lagi mampu menelurkan hits anyar. Andaika sendiri beberapa kali berurusan dengan polisi karena kasus kekerasan terhadap kekasih dan istrinya.

Namun belum lama ini, Andika mengejutkan banyak orang ketika ia ditunjuk sebagai wakil ketua Bidang Seni dan Budaya DPD Partai Demokrat di Lampung. Ia akan berkolaborasi bersama Kiki ‘The Potters’, yang menjabat sebagai ketua.

4. Rhoma Irama

Istimewa

Rhoma Irama dulu dikenal sebagai raja-nya lagu dangdut Indonesia. lagu-lagu yang ia bawakan bersama Soneta Band, seperti ‘Begadang’ dan ‘Darah Muda’, seolah tak pernah lekang oleh waktu. Namun seiring berjalannya waktu, popularitas Bang Haji pun semakin menurun.

Ia kemudian mengejutkan banyak orang ketika dikabarkan hendak mencalonkan diri sebagai presiden di pemilu 2014. Namun rencana itu urung terlaksana dan setahun berikutnya, ia justru menggagas berdirinya partai Idaman, akronim dari Islam Damai Aman.

5. Ifan Seventeen

Istimewa

Band Seventeen sempat meramaikan blantika musik tanah air dengan lagu-lagu seperti ‘Jaga Slalu Hatimu’ dan ‘Sumpah Ku Mencintaimu’. Salah satu faktor yang membuat band ini begitu mudah diingat adalah karakter dan cara bernyanyi yang khas dari sang vokalis, Riefan Fajarsyah atau akrab disapa Ifan.

Ifan sendiri sempat aktif sebagai kader Partai Gerindra. Ia bahkan maju mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, namun gagal karena tak mampu mengumpulkan suara yang cukup.

6. Ahmad Dhani

Istimewa

Pentolan grup band Dewa 19 ini belakangan memang seolah seperti vakum dari dunia musik, meski ia sendiri tidak pernah secara tegas menyatakan itu. Pria yang menceraikan Maia Estianty dan menikah dengan Mulan Jameela ini sepertinya tengah tertarik untuk berkecimpung di dunia politik.

Baca Juga: Tampak Lebih Berisi, Netizen Sempat Tak Yakin Wanita Ini Luna Maya

Ia sempat mencalonkan diri sebagai wakil walikota Bekasi di pilkada 2017, namun akhirnya kalah. Dhani juga sempat memancing kontroversi dengan mengeluarkan pernyataan yang dianggap menghina presiden Jokowi, ketika memberikan orasi di demo besar-besaran di Jakarta tahun lalu. Prev

loading...
Sukses Di Industri Musik, 6 Seleb Ini Terjun Ke Dunia Politik | makinseru | 4.5