Starbucks Hong Kong Pernah Gunakan Air Toilet untuk Bikin Kopi

starbucks

Starbucks merupakan jaringan kafe yang menawarkan kopi paling populer di dunia. Meski begitu namun rupanya Starbucks cabang Hong Kong ini tidak terlalu memperhatikan standar kesehatan. Mereka dilaporkan pernah membuat kopi menggunakan air dari toilet umum.

Air yang digunakan untuk menyeduh kopi di gerai Bank of China mengambil dari toilet milik bank itu. Ada ledeng di kamar mandi pria tersebut yang dikhususkan untuk dipakai Starbucks mengambil air. Sebuah dokumentasi menunjukkan seorang pegawai mengisi sebuah wadah dengan air di toilet di tempat parkir.

Ledeng yang bertulisan “hanya untuk Starbucks” itu berada tidak jauh di dekat area kencing. Hal itu tentu saja membuat warga Hong Kong, departemen pangan dan kebersihan lingkungan mengeluh. “Aku tak menyangka ada hal seperti ini terjadi di Hong Kong dan di Starbucks, lebih tepatnya,” ucap seorang warga.

Pihak Starbuck sendiri membela diri mengatakan air yang digunakan telah lebih dulu dibersihkan dan air ledeng itu memang digunakan untuk dikonsumsi. Namun kini mereka mengaku telah menghapus kebijakan tersebut. Starbuck cabang Bank of China itu mengatakan kini telah memakai air mineral botolan sebagai pengganti air ledeng kamar mandi.

“Seberapa kali pun penyaringan dilakukan akan selalu ada beberapa bakteri yang berasal dari kamar mandi,” keluh kepala asosiasi Hong Kong Food and Beverage. “Jadi menyajikan makanan dan minuman dari air di kamar mandi untuk konsumen adalah hal yang tidak bisa diterima.”

Untunglah hingga kini tidak ada keluhan kesehatan dari orang-orang yang pernah minum kopi di sana. Pasalnya, gerai tersebut sudah dibuka sejak 2 tahun lalu dan semua air untuk dikonsumsi berasal dari toilet.


loading...
Starbucks Hong Kong Pernah Gunakan Air Toilet untuk Bikin Kopi | makinseru | 4.5