Seniman Ini Gunakan Lalat untuk Hasilkan Lukisan Abstrak yang Indah

lalat

Media yang tidak pernah terpikirkan oleh orang awam biasanya malah digunakan seniman. John Knuth membuat lalat mengerjakan lukisan yang artistik untuknya. Bagaimana caranya?

John membeli ribuan belatung lalat secara online dan menempatkannya dalam lingkungan tertutup hanya selebar kanvas. Lalat-lalat itu lalu diberi makan campuran gula, air dan pigmen cat air. Akhirnya asupan itu akan dicerna dan membuat lalat tersebut memuntahkannya di atas kanvas.

Setelah beberapa minggu kanvas itu akhirnya sepenuhnya tertutup oleh jutaan titik-titik kecil berwarna yang berasal dari muntahan lalat. Seniman asal Los Angeles ini mengaku lebih bisa mengontrol hasil lukisannya meski lalat tidak dapat diatur. Ia punya ide memakai lalat karena awalnya penasaran dengan serangga itu.

“Pertama kali aku memakai lalat karena aku penasaran bagaimana mereka menyebarkan wabah penyakit dan seperti apa sistem pencernaannya,” ucap John dalam wawancara dengan KCET. “Semakin aku mendalami lalat membuatku makin tertarik dengan proses mereka menghasilkan sesuatu yang indah.”


loading...
Seniman Ini Gunakan Lalat untuk Hasilkan Lukisan Abstrak yang Indah | makinseru | 4.5