Sederhananya Menu Makan Gubernur Jokowi

Sederhananya menu makan Gubernur Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tak pernah pilih-pilih soal makanan. Begitu juga dengan tempat makan. Di warung tegal pinggir jalan pun Jokowi akan makan dengan lahap jika menunya sesuai dengan selera.

Jumat (23/11), Jokowi Salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat. Usai salat Jokowi makan siang di warung tegal. Sang gubernur tak sungkan makan di warung pinggir jalan dan mengambil sendiri lauknya.

Menu yang dipilih Jokowi cukup sederhana yaitu, terong balado, tempe goreng, orek tempe, teri, krecek, telur gudeg. Untuk minum, dia memesan es kelapa muda.

“Makanan di sini enak, tapi menu andalan tempenya nggak boleh dilewatkan,” kata Jokowi yang mengenakan kemeja lengan panjang warna putih. Makanan itu disikatnya sampai tandas.

Beberapa kali wartawan mengikuti Jokowi makan. Menu kesukaannya tak jauh dari tempe, perkedel jagung atau sayur kangkung.

Istri Jokowi, Iriana, mengingat suaminya memang tak ribet soal makanan. Saat menjabat Wali Kota Solo, Jokowi biasa sarapan roti di pinggir jalan yang harganya seribuan rupiah.

Di Solo, Jokowi juga punya tempat makan favorit. Salah satunya Sate kere Yu Reb. Sate kere itu dulunya jajanan orang miskin alias kere. Karena satenya terbuat dari tempe gembus. Alias tempe yang dibuat dari ampas kedelai sisa proses pembuatan tahu. Bukan dari daging ayam atau kambing.

Nah, belakangan sate kere naik pangkat sebagai salah satu kuliner favorit Solo. Jokowi pun doyan sate kere.

Satu lagi, jangan lupakan tempe mendoan. Jokowi juga suka makanan rakyat yang terbuat dari tempe dan terigu itu. Nyam.


loading...
Sederhananya Menu Makan Gubernur Jokowi | makinseru | 4.5