Replika Taj Mahal Dari Bahan Perhiasan Seharga Rp 177 Miliar

taj mahal, replika, berlian

Sebuah replika biasanya memang berharga mahal namun mungkin inilah yang paling mahal. Replika Taj Mahal yang terbuat dari bahan perhiasan ini memiliki nilai seharga 11,5 juta poundsterling atau Rp 177 miliar.

Replika bangunan bersejarah setinggi 1 meter ini terbuat dari emas, perak dan berlian. Sebanyak 20 kg emas, 400 kg perak dan 8 berlian digunakan untuk menyusun Taj Mahal mewah ini. Meja yang menjadi alas replika ini pun terbuat dari kayu berkualitas tinggi yang diukir dengan detil.

Untuk membuatnya dibutuhkan 35 pekerja perhiasaan yang mumpuni. Mereka menghabiskan waktu 18 bulan membesut Taj Mahal mini tersebut di Bhopal, India. Semuanya dikerjakan sangat detil mulai dari taman di halaman Taj Mahal hingga ukiran kaligrafi di setiap pintunya.

Kubah utama replika ini seluruhnya terbuat dari emas, begitupun dengan ke-32 pintunya. Sementara itu 20 ribu ubin lantainya terbuat dari perak. Penggagas replika ini, Syed Hanif, berharap bisa melelangnya saat replika selesai pada tahun depan.

“Aku terobsesi membuatnya dari emas sejak melihat Taj Mahal 22 tahun lalu,” ucap Syed yang seorang direktur perusahaan perhiasan. “Aku memotret ratusan foto setiap bagian Taj Mahal dan mengirimkannya ke semua pekerja, sekaligus mengajak mereka melihat langsung agar bisa mengerjakan replika semirip mungkin.”

loading...
Replika Taj Mahal Dari Bahan Perhiasan Seharga Rp 177 Miliar | makinseru | 4.5