Polwan di Kanada Boleh Berjilbab, Kapan di Indonesia?

polwan

Kepolisian Edmonton (Edmonton Police Service) memberi kebebasan kepada polisi wanita (polwan) di kota Edmonton, Alberta, Kanada, untuk mengenakan jilbab saat bertugas. Peraturan ini sebagai wujud apresiasi banyaknya muslim di Edmonton yang bergabung di kepolisian.

“Sebagai upaya untuk merefleksikan perubahan keanekaragaman dalam masyarakat dan menfasilitasi makin bertumbuhnya minat komunitas muslim Edmonton untuk berkarier di kepolisian,” pernyataan siaran pers pihak kepolisian yang dikutip Infospesial.net dari Huffington Post.

Anggota Dewan Kota, Scott McKeen kepada The National Post mengatakan jika pemakaian jilbab ini perwujudan ‘sikap inklusif’ bagi wanita yang mengenakan jilbab sebagai bentuk keyakinan mereka. Tidak hanya polwan, petugas laki-laki di Edmonton juga dibolehkan memakai turban.

Keputusan ini juga disambut baik oleh komunitas Muslim di Edmonton. “Hal ini membuat wanita muslim di Edmonton merasa menjadi bagian dari masyarakat,” kata Soraya Zaki Hafez, ketua Canadian Council of Muslim Women Edmonton.

Sebuah divisi EPS tengah bekerjasama dengan perancang jilbab untuk mengembangkan prototipe hijab yang cocok dikenakan dengan seragam polisi. Versi polisi dirancang sederhana dan mudah untuk dicopot.

Tidak hanya di Edmonton, kota Quebec juga ingin mengikuti langkah ini. Dikutip dari France24, provinsi Alberta Kanada merupakan rumah bagi komunitas Muslim terbesar di Jabada, terdapat 45 ribu penduduk Muslim dari total populasi 700 ribu.

Sedangkan Ontario lebih dulu memberikan hak kepada polisi perempuan untuk mengenakan jilbab sejak 2011. Di ibukota Ontario, Toronto juga memberi kebebasan kepada penduduknya untuk menggunakan simbol-simbol agama saat bertugas di pelayanan publik.
Jika Kanada bisa memberikan hak pemakaian jilbab untuk polwan, kapan di Indonesia? Sebelumnya Kapolri sempat memberikan kebebasan, namun pemakaian jilbab polwan di Indonesia ditunda hingga turunnya aturan resmi.


loading...
Polwan di Kanada Boleh Berjilbab, Kapan di Indonesia? | makinseru | 4.5