Polisi dari Kardus Berhasil Tipu Pengguna Jalan di India

polisi kardus

Di Indonesia patung polisi sudah biasa ditemukan di pinggir jalan meski kini jumlahnya tak banyak lagi. Rupanya India juga memiliki ide serupa namun dengan bahan yang lain. Di India memajang banner dari kardus hasil print foto polisi di pinggir jalan.

Pihak kepolisian membuat langkah kreatif tersebut untuk menurunkan angka kecelakaan di jalan. Hal itu sangat membantu karena kepolisian kesulitan menambah 3 ribu petugas lalu lintas untuk berjaga di jalan-jalan di seluruh India. Jalanan sibuk di kota Bangalore pun menjadi percobaan dan dinilai berhasil.

“Polisi tidak bisa hadir di setiap jalan dan perempatan karena kami tidak memiliki kekuatan sebesar itu,” kata komisaris polisi Dr. MA Saleem. “Kecenderungan dari pengguna jalan adalah setiap mereka melihat tidak ada petugas maka mereka mencoba melanggar peraturan lalu lintas.”

Ternyata penempatan banner dari kardus itu cukup efektif membuat pemakai jalan takut. Meski begitu tak sedikit yang merasa tertipu sehingga menimbulkan respon negatif dari publik.

“Efeknya sudah cukup baik. Banyak orang ketika mereka melihat dari jarak yang agak jauh, mereka segera berputar balik,” lanjut Saleem. “Bahkan salah satu pengendara mobil berbicara dengan banner itu.”

sumber


loading...
Polisi dari Kardus Berhasil Tipu Pengguna Jalan di India | makinseru | 4.5