Pertama Kalinya di Dunia Bayi Idap AIDS Berhasil Disembuhkan

bayi

Dunia kedokteran mendapat gebrakan baru dengan klaim sembuhnya seorang bayi yang didiagnosa mengidap HIV AIDS ketika lahir. Bayi asal Mississippi, Amerika, itu sembuh total setelah menjalani pengobatan selama 2,5 tahun.

Pencapaian ini diumumkan ke publik pada Minggu, (3/3) di Atlanta, menjadikan si bayi sebagai pasien HIV kedua di dunia yang berhasil sembuh. Sebelumnya adalah pria dewasa di Berlin, Jerman, yang sembuh berkat transplantasi tulang sumsum pada 2007. Meski kini sudah dinyatakan tak ada gejala HIV, namun dokter tidak bisa menjamin nantinya dapat terjangkit HIV lagi.

Bayi perempuan ini terinfeksi HIV melalui ibunya yang berhenti melakukan pengobatan. Namun ia akhirnya bisa sembuh setelah menjalani pengobatan dengan obat dosis tinggi sejak kelahirannya. “Kalian dapat menyebut ini semacam pengobatan namun jika bukan ya ini yang dapat kalian saksikan,” ucap Dr. Anthony Fauci.

Para peneliti meyakini keputusan memulai pengobatan dalam waktu cepat dan agresif yang menjadi kunci keberhasilan ini. Para dokter mulai memberikan 3 jenis obat 31 jam setelah bayi tersebut lahir. Pemberian obat itu sendiri dilakukan sebelum hasil tes kesehatan menyatakan sang bayi terkena HIV.

Keberhasilan ini pun disambut gembira oleh publik karena memberikan harapan dalam penyembuhan HIV di seluruh dunia. Para ahli memandang hal ini dapat diaplikasikan pada bayi yang lahir dengan riwayat orangtua mengidap HIV. Namun WHO tetap merahasiakan proses detil penyembuhan ini dari publik.

“Kami tidak dapat menjanjikan menyembuhkan bayi yang terinfeksi,” tegas Dr. Hannah Gay, spesialis pediatric di Universitas Mississippi. “Kami hanya dapat menjanjikan untuk mencegah transmisi virus dari ibu yang positif HIV saat kehamilan.


loading...
Pertama Kalinya di Dunia Bayi Idap AIDS Berhasil Disembuhkan | makinseru | 4.5