Kuburan di Polandia Diklaim Berisi Kerangka Vampir

kuburran

Vampir memang masih menjadi polemik apakah hanya sekedar legenda atau nyata. Beberapa peneliti pun kerap mengklaim telah menemukan kuburan vampir di banyak negara. Kali ini giliran di Polandia ditemukan kuburan dengan kerangka manusia diduga sebagai vampir.

Tim arkeolog asal Polandia mengklaim kuburan di kota Gliwice tersebut merupakan milik sekelompok vampir. Awalnya mereka mencari sisa-sisa Perang Dunia ke II namun malah menemukan kuburan yang dianggap aneh. Pasalnya, kerangka wanita di sana posisinya bagian kepalanya telah dipotong dan ditempatkan di kaki.

Menurut arkeolog, posisi itu menunjukkan mayat tersebut dieksekusi dengan ritual khusus untuk mencegah orang yang meninggal tidak akan hidup lagi. Ada takhayul kuno menyebutkan bahwa memisahkan kepala dari badan maka bisa menghindari mayat itu hidup kembali alias jadi vampir. Sehingga pemenggalan kepala jadi salah satu alternatif.

Jacek Pierzak, salah satu arkeolog, mengatakan hingga ini belum diketahui umur dari mayat-mayat di situs Gliwice tersebut. Pasalnya, tidak ada perhiasan atau artefak lainnya untuk dijadikan tolak ukur meski diduga berasal dari abad ke-16. “Sulit untuk mengetahui kapan pemakaman ini dilakukan. Kami masih menelitinya,” ucapnya.

Pada 2012 lalu di Bulgaria juga ditemukan dua kerangka mayat yang ditusukkan batang besi pada dadanya. Sedangkan di Venesia, Itali, ada kerangka seorang wanita dikubur dengan batu bata dimasukkan ke mulutnya. Metode tersebut memang sangat populer di abad ke-16 untuk mencegah vampir hidup kembali mencari darah.


loading...
Kuburan di Polandia Diklaim Berisi Kerangka Vampir | makinseru | 4.5