Kini ada 61 Bahasa di Twitter, Bahasa Apa yang Paling Populer?

twitter

Ada berapa jumlah bahasa yang digunakan Twitter? Menurut rilis resmi Twitter, terdapat 61 bahasa yang bisa kamu pilih ketika menggunakan Twitter.

Seiring dengan upaya Twitter menjadi ‘lapangan bermain global’, tidak mengejutkan memang bahwa kebijakan penggunaan berbagai bahasa tersebut dikembangkan oleh Twitter. Dalam hal ini, perusahaan peneliti media sosial, Semiocast telah membuat kompilasi infografis yang menunjukkan popularitas bahasa yang digunakan ketika pengguna melakukan twit di seluruh dunia.

Berdasarkan penelitian tersebut, bahasa manakah yang paling populer? Tidak mengejutkan bahwa ternyata bahasa Inggris memuncaki platform micro-blogging ini, diikuti dengan bahasa Jepang, Spanyol, Melayu dan Portugis. Masuknya bahasa Melayu dalam daftar tersebut tentu saja cukup mengejutkan karena banyak diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna twitter terbanyak, bahkan Jakarta disebut-sebut sebagai kota paling sibuk di Twitter dibandingkan kota-kota lain di dunia.

bahasa

Berdasarkan penelitian perusahaan tersebut, mayoritas aktiivtas Twitter datang dari Amerika Serikat. Bulan Juni 2013, 3,7 milyar twit dikirimkan dari negara tersebut, dengan Jepang menempati peringkat kedua dengan 1,8 milyar. Namun, bila melihat jumlah pengguna aktif Twitter di seluruh dunia, pada triwulan ketiga 2013, AS memiliki 50 juta akun aktif dibandingkan dengan 182 juta lainnya dari seluruh dunia, yang mana berarti seperempat pengguna Twitter dari seluruh dunia berada di Amerika.

Penelitian ini menarik karena bertentangan dengan beberapa penelitian sebelumnya yang selalu menempatkan Indonesia masuk dalam lima besar negara Asia yang paling sering menggunakan Twitter.


loading...
Kini ada 61 Bahasa di Twitter, Bahasa Apa yang Paling Populer? | makinseru | 4.5