Keren, 7 Artis Indonesia Ini Pernah Mainkan Tokoh Pahlawan Nasional

Dunia perfilman Indonesia terasa kian semarak dari tahun ke tahun. Dari mulanya hanya fokus ke film horor, hingga kini muncul banyak film yang mengangkat tema pahlawan dan perjuangan.

Baca Juga: Salut, Inilah 5 Gaya Hidup Sederhana ala Artis Top Indonesia

Membuat film dengan tokoh dan tema pahlawan bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan kecermatan dan ketelitian karena menyangkut akurasi sejarah sensitif. Oleh karena itu pemilihan artis dan aktor yang terlibat di dalamnya juga tak sembarangan.

Dian Sastro belum lama ini sukses besar dalam memerankan Kartini di film arahan Hanung Bramantyo. Kali ini Beranda akan hadirkan daftar lengkap seleb lain yang juga pernah memerankan tokoh pahlawan di film Indonesia.

1. Christine Hakim – Cut Nyak Dien

Christine Hakim pernah didapuk memerankan tokoh pahlawan asal Aceh, Cut Nyak Dien. Pembuatan film kolosal ini memakan waktu tiga tahun, sebelum akhirnya resmi dirilis pada 1988 silam.

Bukan perkara mudah bagi artis senior seperti Christine untuk memerankan tokoh Cut Nyak Dien. Sutradara Eros Djarot mengungkapkan bahwa kala itu ia mewajibkan wanita berusia 60 tahun itu untuk membaca tak kurang dari 14 buku untuk mendalami karakter yang ia mainkan.

Namun semua usaha itu tak sia-sia. Hingga sekarang, Cut Nyak Dien masih dianggap sebagai salah satu film terbaik di sejarah perfilman Indonesia. Bahkan konon pernah masuk ajang Academy Awards untuk kategori Film Berbahasa Asing terbaik.

2. Ario Bayu – Soekarno

Ario Bayu ditunjuk memerankan Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka. Mulanya, pemeran film La Tahzan itu sedikit merasa kurang percaya diri. Ia terbebani dengan ekspektasi tinggi dan komentar orang-orang yang mengatakan wajahnya kurang mirip dengan Soekarno.

Namun demikian, pria yang pernah beradu akting dengan Mickey Rourke di Java Heat itu tak menyerah begitu saja dengan tantangan yang ia hadapi. Dengan berbekal berbagai macam referensi dan pengetahuan, ia mencoba mendalami karakter Soekarno dengan sebaik mungkin.

Hasilnya, sutradara Hanung Bramantyo mengaku puas dengan akting yang ditunjukkan oleh Ario Bayu di film arahannya.

3. Lukman Sardi – Mohammad Hatta

Untuk menemani Ario Bayu di film Soekarno: Indonesia Merdeka, sutradara Hanung Bramantyo menunjuk Lukman Sardi sebagai pemeran Mohammad Hatta – wakil presiden pertama Republik Indonesia.

Sama seperti Ario, Lukman juga mengaku amat grogi ketika mendapat tantangan memainkan tokoh yang begitu penting perannya dalam sejarah terbentuknya negara Indonesia.

Untuk mendalami perannya, Lukman Sardi sering melihat dokumentasi soal Hatta di masa hidupnya lewat YouTube dan foto di Internet. Selain itu, ia juga kerap berinteraksi dengan mantan pembantu Hatta, dan juga putrinya, Meutia Hatta, serta sejarawan Rusdi Husein.

4. Reza Rahadian – Tojkroaminoto

Reza Rahardian bisa dibilang sudah cukup fasih dalam memerankan tokoh sejarah. Sebelum mendapat peran sebagai HOS Tjokroaminoto, ia sudah terlebih dahulu mendapat banyak pujian lewat aktingnya sebagai B.J Habibie di Habibie dan Ainun.

Namun demikian, menurut Reza keterlibatannya di film Guru Bangsa: Tjokroaminoto, lebih sulit dibanding Habibie dan Ainun. Pasalnya, ia memainkan tokoh yang sudah lama meninggal dan tak bisa ditemui langsung. Alhasil, Reza hanya bisa mendalami karakter dengan banyak mendengarkan cerita dan membaca buku sejarah.

Total, Reza mengaku menghabiskan waktu tiga bulan untuk melakukan proses pendalaman karakter untuk film arahan sutradara Garin Nugroho ini.

5. Adipati Dolken – Jenderal Soedirman

Banyak kritik diarahkan pada sutradara Viva Westi usai ia menunjuk aktor muda Adipati Dolken sebagai pemeran Jendral Soedirman di film berjudul sama. Banyak orang menganggapi Adi tak layak untuk memerankan tokoh asal Karangjati tersebut.

Namun demikian, Adi tak emosional dalam menanggapi reaksi negatif tersebut. Ia justru ingin berusaha keras untuk membuktikan bahwa semua kritik yang ditujukan padanya salah.

Guna mendalami peran Jendral Soedirman, Adi sempat berkomunikasi langsung dengan Pak Teguh, pria yang masih satu garis keturunan langsung dengan sang pahlawan. Selain itu sang aktor juga sering mencari berbagai referensi dari buku dan Internet.

6. Mathias Muchus – Tan Malaka

Selain Adipati Dolken, film Jendral Soedirman juga terasa kian meriah dengan hadirnya aktor senior Mathias Muchus. Dalam film yang dirilis di 2015 ini, Mathias kebagian peran sebagai Tan Malaka.

Menurut pengakuannya, Mathias memang secara khusus meminta peran Tan Malaka pada sutradara Viva Westi. Bahkan ia rela meski tokoh tersebut tidak mendapat adegan terlalu banyak di dalam film.

Mathias Muchus mengatakan ia sudah lama menggemari tokoh Tan Malaka dan senang membaca buku-buku karangannya. Menurutnya, Tan Malaka merupakan seorang pelobi ulung dengan wawasan luas dan memiliki reputasi Internasional.

7. Dian Sastrowardoyo – Kartini

Meski mendapat banyak pujian berkat kesuksesannya memerankan tokoh R.A Kartini di film Kartini,. Dian Sastrowardoyo sempat dianggap tak cocok menjadi sosok penggerak emansipasi wanita Indonesia itu.

Dian mengaku meminta sendiri peran sebagai Kartini pada Hanung Bramantyo selaku sutradara. Padahal kala itu Hanung berniat menjadikan Dian sebagai kakak Kartini, Ngasirah. Pasalnya tokoh Kartini di dalam film digambarkan berusia 18-23 tahun atau jauh lebih muda dari usia Dian.

Baca Juga: Tak Cuma Terkenal, 5 Seleb Cantik Ini Punya Jiwa Sosial Tinggi

Namun pengalaman akting dan jam terbang Dian membuat Hanung akhirnya luluh. Tak ingin menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan, pemeran film Ada Apa Dengan Cinta itu melahap tuntas buku Habis Gelap Terbitlah Terang dan Panggil Aku Kartini Saja. Ia juga giat mempelajari budaya Jawa abad ke-19, logat bahasa jawa, dan gestur ala keluarga bangsawan. Prev

loading...
Keren, 7 Artis Indonesia Ini Pernah Mainkan Tokoh Pahlawan Nasional | makinseru | 4.5