Karena Hal Ini, Winnie The Pooh Harus Disensor Di Tiongkok

Beberapa bulan lalu pemirsa Indonesia dihebohkan dengan tindakan Komisi Penyiaran Indonesia, yang melakukan sensor terhadap beberapa tayangan kartun.

Baca Juga: Wow, 3 Seleb Jelita Ini Tak Canggung Umbar Kisah Ranjangnya

Tindakan tersebut dianggap berlebihan, karena beberapa bagian yang sebelumnya lumrah, seperti dada tokoh Sandy Cheek dalam kartun Spongebob, juga terkena sensor.

Dan ternyata, tindakan semacam itu tidak hanya terjadi di Tanah Air. Belum lama ini, pemerintah Tiongkok memutuskan untuk men-sensor kartun populer Winnie The Pooh.

Kartun yang menceritakan kisah beruang penyuka madu tersebut belakangan menjadi topik terlarang di negeri Tirai Bambu. Para pengguna Internet di sana tidak bisa bebas menuliskan nama karakter Pooh.

Menurut laporan yang diturunkan oleh Times, pengguna media sosial Weibo masih bisa mengunggah gambar atau menulis sesuatu yang ada hubungannya dengan Pooh. Namun mereka takkan bisa menuliskan komentar yang mengandung frase ‘Winnie The Pooh’.

Tak hanya sampai situ, pemerintah Tiongkok juga memutuskan untuk menghapus semua chat dan postingan yang mengandung ‘Winnie The Pooh’ dari media sosial Weibo dan juga aplikasi chating, Wechat.

Hal ini dilakukan usai maraknya meme yang membandingkan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dengan Pooh.

Sebenarnya meme ini sudah beredar sejak 2013 lalu. Kala itu media setempat merilis foto Presiden Xi sedang berjalan bersama Barack Obama. Para netizen langsung membandingkan foto tersebut dengan gambar Pooh yang sedang berjalan bersama Tigger.

Sementara di 2014, Presiden Xi terlihat satu frame dengan Perdana Mentri Jepang, Shinzo Abe. Kala itu keduanya difoto ketika sedang berjabat tangan. Lagi-lagi para netizen beraksi, dan membandingkan foto sang presiden, dengan Pooh yang sedang bersalaman dengan Donkey.

Sedangkan di 2015, foto Presiden Xi yang sedang naik truk juga dianggap para pengguna Internet tidak jauh beda dengan Pooh yang tengah berparade menggunakan limosin.

Pemerintah Tiongkok rupanya merasa perlu mengambil tindakan tegas. Pasalnya tak lama lagi partai yang tengah berkuasa di sana akan mengadakan konferensi, dan dalam even tersebut Xi diperkirakan akan mendapat pengukuhan atas kewenangannya sebagai pemimpin negara.

Baca Juga: Inilah 10 Seleb Cantik yang Pernah Jadi Putri Indonesia

Bagaimana menurut kalian? Prev

loading...
Karena Hal Ini, Winnie The Pooh Harus Disensor Di Tiongkok | makinseru | 4.5