Kakek Usia 100 Tahun Catat Rekor Balap Sepeda 100 Km

Usia senja bukan jadi halangan bagi Robert Marchand untuk mengikuti perlombaan yang menguji ketahanan fisik. Meski sudah menginjak usia 100 tahun namun ia berhasil menyelesaikan lomba balap sepeda. Robert pun menjadi orang berusia 100 tahun tercepat yang mengendarai sepeda sejauh 100 km.

Prestasi pria asal Perancis ini pun masuk dalam catatan buku rekor dunia. Ia berhasil menyelesaikan lomba dalam waktu 4 jam 17 menit dan 27 detik untuk mengayuh sepedanya sejauh 100 km. Federasi Bersepeda Nasional Perancis juga mengakui rekor tersebut.

Kakek yang akan berusia 101 tahun pada November mendatang ini mengaku kaget dengan apa yang telah dicapainya. Tak berhenti disitu, Robert sudah berencana untuk membuat rekor lainnya yaitu bersepeda dengan kecepatan 22,5 km/jam. Ia juga mengungkap rahasia kekuatannya mengayuh sepeda, selain dengan menjaga pola makan sehat tanpa rokok.

“Saya melakukannya lebih baik dari yang saya harapkan,” ucap kakek yang memiliki sepeda pertamanya pada 1978 ini. “Kondisinya sangat berat di beberapa kilometer terakhir.”

“Satu-satunya doping saya adalah air dengan sesendok madu yang saya taruh di makanan dari kantin. Hanya itu,” ungkap Robert. “Kalaupun saya benar-benar pakai dopingmungkin bisa mencapai kecepatan 35 km/jam.”


loading...
Kakek Usia 100 Tahun Catat Rekor Balap Sepeda 100 Km | makinseru | 4.5