Kakek di Jepang Ini Membuat Robot Raksasa Sendirian

robot canggih

Untuk menjadi produktif memang tidak dihalangi oleh usia, seperti yang dilakukan Hitoshi Takahashi ini. Meski sudah berusia 67 tahun namun ia bisa membuat sebuah robot raksasa. Hebatnya, Hitoshi membuatnya seorang diri.

Robot yang dinamai KABUTOM RX-03 tersebut berukuran setinggi 11 meter dan panjang 3,6 meter. Beratnya yang mencapai 17 ton itu ditenagai sepasang mesin diesel dan memiliki 30 bagian yang bisa digerakkan. Bentuknya memiliki ekor dan sayap seperti kumbang namun bisa mengeluarkan asap di bagian kepala robot.

KABUTOM dapat berjalan dengan kecepatan 4 km per jam dan menampung 7 orang sekali jalan, termasuk pengendali. Sejak rampung dikerjakan robot ini sering nongol di berbagai acara sebagai atraksi. Dalam festival musim panas KABUTOM dapat dikendarai hanya dengan biaya 200 Yen (Rp 22 ribu) per orang.

Hitoshi mulai mengerjakan KABUTOM pada 1997 ketika masih berusia 50 tahun dan butuh 11 tahun menyelesaikannya. Ia mengaku mengerjakannya seorang diri karena sebagai hobi di sela kesibukannya di toko alat mesin di Ibaraki. “Aku melakukannya sebagai hobi sambil tetap bekerja biasa,” ungkapnya.


loading...
Kakek di Jepang Ini Membuat Robot Raksasa Sendirian | makinseru | 4.5