Jalan Tol Paling Indah dan Kontroversial di Hawaii

jalan tol

Jalan tol biasanya menyajikan pemandangan yang membosankan, namun tidak yang satu ini. Ada sebuah jalan tol di Hawaii yang malah terkenal karena pemandangannya yang menakjubkan. Seperti apa sih memangnya?

Dikenal dengan nama H-3 Highway, atau John A. Burns Freeway, jalan tol itu terletak di pulau O’ahu yang selesai dibangun pada 1997. Jalan sepanjang 16 mil itu menghubungkan pangkalan laut Pearl Harbor di Pu’uloa dengan markas Angkatan Laut Hawaii di Mokapu Peninsula. Jalan tol ini berada di sepanjang jembatan yang berada di lembah Halawa sepanjang 6 mil melalui terowongan gunung Ko’olau dan terus menyusuri lembah Haiku hingga mencapai kota Kaneohe.

H-3 menawarkan pemandangan indah Oahu melalui lembah Halawa. Karena saking indahnya, tak sedikit pengendara yang berjalan perlahan atau malah berhenti sehingga menyebabkan kemacetan. Sedangkan terowongannya juga berteknologi tinggi dengan fitur canggih seperti kotak panggilan darurat, detektor karbon dioksida, detektor asap, ventilasi udara segar hingga stasiun cuaca.

Pembangunannya sendiri melalui banyak kontroversi karena sempat ditentang komunitas pecinta lingkungan pada 1980. Konstruksinya dianggap akan merusak ekosistem dan keindahan alami di jalur tersebut. Namun senator Amerika saat itu berhasil meloloskan rencana pembangunan ke Kongres dan akhirnya konstruksi dimulai pada 1986.

H-3 juga termasuk jalan tol paling mahal yang pernah dikerjakan dengan dana per kilometer. Total pengerjaan menghabiskan USD 1,3 miliar atau USD 80 juta per kilometernya. Namun dana tersebut sudah mencakup pusat pengendalian lalu lintas beserta peralatannya untuk memonitor keadaan dalam terowongan dan jika terjadi kecelakaan.


loading...
Jalan Tol Paling Indah dan Kontroversial di Hawaii | makinseru | 4.5