Inilah Pemenang Nobel Tahunan Penemuan Aneh dan Konyol

nobel, unik, konyol, keren

Tak hanya penemuan yang manfaatnya mengagumkan, penelitian konyol juga memiliki ajangnya sendiri. Sebuah perhelatan acara tahunan penghargaan untuk penemuan aneh dan konyol kembali digelar. Penemuan di bidang psikologi, fisika dan sebuah alat nyeleneh berhasil muncul sebagai pemenangnya.

Penelitian tiga psikolog Belanda tentang bagaimana cara melihat menara Eiffel agar telihat pendek keluar sebagai pemenang. Mereka menemukan bahwa dengan tubuh condong ke kiri membuat menara itu lebih pendek. Hasil penelitian di Guadalupe menunjukkan dengan melihat benda sambil condong ke kiri membuat orang memperkirakan ukuran benda itu lebih kecil daripada sebenarnya.

Pemenang lainnya adalah alat yang disebut “Speech Jammer” besutan dua ilmuwan Jepang. Alat yang menyabet Ig Nobel 2012 itu sebuah perangkat yang mengganggu pembicaraan seseorang dengan mengulangi suaranya sendiri secara tertunda beberapa ratus milidetik. Efek gema perangkat itu cukup mengganggu untuk membuat seseorang menggerutu dan berhenti bicara.

Raymond Goldstein juga berhasil merumuskan secara matematika seikat rambut. “Kami menemukan bahwa bundel rambut kolektif berperilaku seperti pegas sederhana, dimana kekuatan yang diperlukan untuk kompres sebanding dengan sejauh mana Anda dikompresi,” papar fisikawan Universitas Cambridge itu.

Sedangkan hadiah dinamika fluida dibawa pulang tim profesor dan mahasiswa Universitas Santa Barbara, California. Mereka meneliti pergerakan cairan kopi di dalam cangkir ketika dibawa. “Ilmu cairan tumpah telah dipelajari sebelumnya, misalnya dalam peroketan, tapi tidak ada yang pernah benar-benar mempelajari kopi karena percikan sekitarnya,” kata Rouslan Krechetnikov.


loading...
Inilah Pemenang Nobel Tahunan Penemuan Aneh dan Konyol | makinseru | 4.5