Inilah Lukisan Terlarang Ratu Elizabeth I

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah dunia, sebuah lukisan langka potret Ratu Elizabeth I dipamerkan kepada publik di Perpustakaan Folger Shakespeare di Washington D.C, Amerika Serikat.

lukisan-ratu-elizabeth
Lukisan Ratu Elizabeth I/dailymail.co.uk

Konon, lukisan Ratu Elizabeth dengan kerutan di wajah itu tergolong langka karena pernah dilarang beredar pada zamannya. Lukisan itu diproduksi awal pertengahan 1590 oleh Studio Gheeraerts di Inggris.

Lukisan cantik ini dengan detail mempelihat wajah sang ratu yang mengenakan baju megah berwarna putih keabu-abuan. Kepalanya mengenakan mahkota bertahtakan berlian dan mutiara. Pada leher dan baju ratu pun berhiaskan untaian mutiara yang sangat indah. Namun sayangnya, gambaran wajah sang ratu penuh kerutan dalam lukisan tersebut.

Salah satu kurator pameran, Thomas Herron, seorang profesor Bahasa Inggris di East Carolina University, menjelaskan bahwa pada zamannya lukisan ini dilarang karena “ada upaya Elizabeth untuk mengendalikan citra dirinya”.

Kini lukisan yang dibeli oleh Taman Elizabeth di Manteo, North Carolina, dari sebuah galeri seni di New York seharga US$ 3.000 atau lebih dari Rp 28 juta digantung pada gerbang gedung itu. Baru pada 2007 seorang staf tempat itu berupaya menyelidiki asal-usul dan keaslian lukisan Ratu Elizabeth I itu. Lukisan langka ini pun akan dipamerkan hingga 19 Mei 2013 mendatang. (jadiberita)


loading...
Inilah Lukisan Terlarang Ratu Elizabeth I | makinseru | 4.5