Indonesia Akan Miliki Bandara Kebun Binatang Pertama di Dunia

bandara

PT. Angkasa Pura II (AP II) yang juga operator bandara Indonesia Barat rencananya akan membuat konsep bandara unik pertama di dunia. Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (DJB) yang berlokasi di Jambi akan dilengkapi kebun binatang.

Dalam konsep kebun binatang yang AP II kemukakan, lokasi kebun binatang akan berjauhan dengan landasan penerbangan. Sehingga penumpang yang ingin melihat kebun binatang akan diantar menggunakan bus pengantar. Zoo airport ini direncanakan dibuka 2015.

Direktur Teknik dan Kebandarudaraan AP II Salahudin Rafi mengatakan bahwa di kota Jambi, ada satu kebun binatang yang tidak begitu ramai dikunjungi, dan jaraknya dengan bandara milik AP II cukup dekat. Menurut Salahudin, akses jalan menuju bandara tersebut juga melewati kebun binatang.

Lebih lanjut Salahudin mengatakan bahwa rencananya untuk menjadikan bandara diisi dengan kebun binatang juga telah disetujui oleh pemerintah Jambi. Bahkan pengelola Taman Safari sudah dihubungi untuk mengelola kebun binatang bandara pertama di dunia ini. “Ini akan jadi pertama di dunia,” ungkap Salahudin.

Rencananya selain kebun binatang, di bandara Jambi juga akan diisi dengan rumah-rumah adat tua yang bisa menjadi kawasan wisata. Salahudin menjelaskan bandara Jambi yang telah terintregasi dengan kawasan bisnis ini akan dibuka 24 jam.

Sebenarnya rencana pembuatan bandara kebun binatang ini ditentang oleh para maskapai penerbangan. Hal tersebut karena dikhawatirkan tidak cukupnya biaya operasional untuk mengurus bandara sekaligus kebun binatang yang jelas memakan banyak modal.


loading...
Indonesia Akan Miliki Bandara Kebun Binatang Pertama di Dunia | makinseru | 4.5