Indahnya Bangunan Tertinggi Sedunia dari Kayu di Rusia

bangunan

Kayu kerap dijadikan bahan untuk membuat rumah, namun ternyata juga kokoh untuk membuat bangunan tinggi. Salah satunya adalah gereja berusia 150 tahun yang ada di Rusia ini.

Terletak di pulau Kizhi dekat perbatasan Finlandia, gereja Ortodoks itu berdiri setinggi 37,5 meter. Gereja bernama Kizhi Pogost ini pun mendapat gelar dunia sebagai bangunan tertinggi yang seluruhnya terbuat dari kayu. Para jemaat gereja pernah melakukan renovasi namun tetap menggunakan bahan kayu sesuai desain asli.

Pembangunan gereja ini diselesaikan tanpa satupun paku maupun bahan besi pada 1862 silam. Di sana terdapat 22 kubah pada bagian atap bangunan dan 102 kubah mirip piramida di bagian dalam. Sedangkan tower berisi bel menjadi pusat doa jemaat Kristen Ortodoks layaknya Mekah bagi umat muslim.

Kizhi Pogost sendiri sudah ditetapkan sebagai cagar budaya Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1990. Situs ini dianggap sebagai contoh langka dari desain arsitektur bangunan keagamaan.

Sebenarnya masih ada bangunan dari kayu yang lebih tinggi dari Kizhi Pogost yaitu ATLAS-I (Air Force Weapons Lab Transmission Aircraft Simulator). Bangunan itu berdiri setinggi 182 meter di New Mexico, Amerika Serikat. Namun bangunan era Perang Dingin tersebut menggunakan komponen bebahan metal untuk menyatukan bahan-bahan kayunya.


loading...
Indahnya Bangunan Tertinggi Sedunia dari Kayu di Rusia | makinseru | 4.5