Hamburkan Uang ‘Transfer Nyasar’, Cewek Ini Terancam Dipenjara

Seorang gadis muda bernama Sibongile Mani terancam hukuman penjara 15 tahun usai menghabiskan uang senilai 850.000 pounds, sekitar 14 miliar rupiah, yang salah masuk ke rekeningnya.

Cewek berusia 27 tahun tersebut mendapatkan dakwaan atas tindakan kriminal berupa pencurian dan penipuan, usai dirinya menghabiskan uang sebanyak itu dalam 73 hari setelah dana masif itu ‘nyasar’ rekeningnya.

Mani merupakan seorang mahasiswa jurusan akuntansi yang tengah menempuh pendidikan di Walter Sisulu University di Mthatha, Afrika Selatan. Setiap bulannya, ia mendapat bantuan dana senilai 85 pounds untuk biaya makan dan membeli buku.

Namun demikian, perusahaan yang mengurusi pengiriman dana tersebut, Intellimali, melakukan kesalahan dan justru mengirimkan uang senilai 850.000 poundsterling.

Dalam tulisan di Facebook-nya, Mani mengklaim bahwa ia sudah sempat melaporkan kesalahan itu pada pihak yang berkepentingan.

Sibongile Mani (c) Facebook

Mani kemudian mengatakan bahwa ia tidak akan membantah semua yang ditudukan padanya dan siap menceritakan kisah yang sebenarnya dari versinya sendiri. Namun belakangan ia justru memutuskan hengkang dari kampus, menghilang, dan menutup akun media sosialnya.

Namun ia sempat mengadakan memberikan keterangan pada media setempat, Daily Dispatch, mengatakan bahwa dirinya tidak melakukan kesalahan.

Apa yang dialami oleh Mani memang mengejutkan. Uang nyasar sebanyak itu konon ia habiskan untuk mengubah gaya rambutnya dengan biaya 180 pounds sekali perawatan, baju-baju rancangan desainer ternama, dan juga iPhone 7.

Sibongile Mani (c) Facebook

Selain itu ia juga sering membelikan baju-baju mahal untuk teman-temannya. Mani juga kerap menggelar pesta dan memesan whisku berharga 50 pounds per botol.

Kecurigaan pada Mani muncul usai beredarnya gambar tanda terima dari supermarket setempat, yang menunjukkan sang murid memiliki uang senilai 810.000 pounds di rekeningnya.

Struk belanja Mani (c) Facebook

Samkelo Mqhayi, deputi sekretariat cabang Kongres Mahasiswa Afrika Selatan, kemudian melaporkan hal tersebut pada pihak berwenang. Hal ini berujung pada konfirmasi yang mengatakan bahwa dana awal yang ada di rekening Mani mencapai 850.000 pounds.

Seorang kawan dekat Mani, yang enggan disebutkan namanya, mengatakan bahwa gaya hidup sang mahasiswi mendadak menjadi super mewah sejak kejadian tersebut. Banyak yang mengira bahwa ia baru saja mendapatkan uang dari hasil memenangkan lotere.

Total, Mani sudah menghabiskan sekitar 50.000 pounds dari uang yang nyasar ke rekeningnya. Kini, ia dituntut untuk mengembalikan uang tersebut jika tidak ingin masuk bui. Prev

loading...
Hamburkan Uang ‘Transfer Nyasar’, Cewek Ini Terancam Dipenjara | makinseru | 4.5