Gila, Pemuda Ini Beneran Nggak Bernafas Waktu Tidur

Seorang pemuda Inggris lahir dengan kondisi medis yang aneh. Ia bakal berhenti bernafas ketika sedang tidur!

Liam Derbyshire adalah seorang remaja asal negeri Ratu Elizabeth yang menderita kondisi aneh tersebut. Ia mengalami apa yang disebut dengan hipoventilasi sentral, atau sering dikenal dengan nama populer ‘Kutukan Ondine’, menurut laporan BBC.

Baca Juga: Tampan dan Terkenal, 5 Seleb Ini Terjerumus Narkoba

Istilah Kutukan Ondine terinspirasi dari sebuah dongeng kuno yang berasal dari Prancis.

Ondine adalah seorang wanita yang jatuh hati pada pria bernama Palemon. Keduanya kemudian menikah dan Palemon berjanji akan mencintai Ondine dalam setiap hembusan nafas.

Namun yang terjadi kemudian, Ondine memergoki Palemon tidak setia padanya. Ia lantas mengutuk sang suami bakal berhenti bernafas jika sampai tertidur.

Kisah dongeng tersebut memang terdengar tak masuk akal, namun ternyata benar-benar ada dan bisa terjadi di dunia nyata.

Liam Derbyhire tidur dengan bantuan peralatan bernafas (c) BBC

Menurut laporan BBC, hanya ada sekitar 1.500 orang di dunia ini yang lahir dengan Kutukan Ondine. Liam salah satunya dan ia termasuk pasien yang berada dalam kondisi ekstrim.

Penderita Kutukan Ondine ringan biasanya hanya sekedar mengalami kekurangan waktu tidur. Namun untuk Liam, nafasnya bisa benar-benar berhenti jika ia sampai terlelap. Dengan kata lain, tidur bakal membunuh pemuda malang ini.

Mau tidak mau, Liam harus tidur dengan tubuhnya terhubung dengan alat penunjang kehidupan alias life support. Dengan bantuan sejumlah alat tersebut, oksigen dipastikan akan terus mengalir ke paru-paru Liam. Selain itu, kondisi vitalnya juga akan terus dimonitor dengan seksama.

Namun demikian, harus ada minimal satu orang yang menjaga dan mengawasi Liam ketika ia terlelap. Hal ini tentu bukan tugas yang mudah untuk keluarga Liam.

Liam bersama dengan kedua orang tuanya (c) BBC

Selain itu, alat penunjang kehidupan yang digunakan oleh Liam juga menyedot listrik yang cukup besar. Alhasil, keluarganya sampai harus menyisihkan pengeluaran hingga ribuan pounds hanya untuk hal tersebut tiap bulannya.

Mereka juga menyiapkan sumber listrik cadangan, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu listrik utama mati.

Meski demikian, kedua orang tua Liam amat senang bisa menjaga anak mereka terus hidup. Apalagi kini Liam sudah hampir menginjak usia 18 tahun, jauh dari perkiraan awal para dokter, yakni enam minggu.

Liam yang hampir berusia 18 tahun (c) BBC

Baca Juga: 5 Artis Indonesia Ini Memutuskan Menikah dengan DJ

Luar biasanya lagi, Liam ternyata juga menderita kanker di ususnya. Meski demikian, semua keterbatasan tersebut tak menyurutkan semangat hidup sang pemuda. Ia bahkan berusaha sebisa mungkin untuk membuat keluarganya bangga.

Bagaimana menurut kalian? Next

loading...
Gila, Pemuda Ini Beneran Nggak Bernafas Waktu Tidur | makinseru | 4.5