FOTO: Meteorit Fukang, Meteorit Berusia 4,5 Miliar Tahun

fukang-meteorit

Meteorit Fukang pertama kali ditemukan di kota Fukang pada tahun 2.000 dengan berat lebih dari 1 ton dan dinamakan sesuai dengan nama daerah dimana meteorit ini ditemukan. Fukang merupakan sebuah kota yang terletak di wilayah barat Xinjiang, China. Meteorit ini dikategorikan sebagai Pallasite, jenis meteorit yang mengandung campuran besi dengan kristal olivin berkilau diseluruh permukaannya.

Meteorit jenis Pallasite merupakan jenis yang langka diantara meteorit yang pernah ditemukan di bumi (hanya sekitar 1% dari semua jenis meteorit yang ada) dan Fukang sendiri merupakan penemuan terbesar abad 21.

Meteorit Fukang diyakini berasal dari meteor utuh yang ikut terbentuk bersama dengan pembentukan tata surya sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Jenis Meteorit ini merupakan yang paling langka karena banyak yang hancur ketika menuju lapisan atmosfer bumi.

Pada tahun 2008, sekelompok kolektor yang mengklaim memiliki bagian terbesar seberat 419,5 kg pernah menjual jenis meteorit Fukang seharga 2 juta US Dollar. Bagian lainnya seberat 31 kg meteorit juga telah diteliti di Univesity of Arizona’s Southwest Meteorite Laboratory.

fukang-meteorit-8

fukang-meteorit-7

fukang-meteorit-5

fukang-meteorit-3


loading...
FOTO: Meteorit Fukang, Meteorit Berusia 4,5 Miliar Tahun | makinseru | 4.5