FOTO: Bajaj Listrik Ala Negeri Sakura

bajaj

Tidak hanya di Indonesia, ternyata kendaraan beroda tiga yang bernama Bajaj juga pernah digunakan di Jepang. Tapi Jepang menggunakannya pada tahun 1950-an dulu. Kini, Jepang berusaha menghidupkan kembali Bajaj. Hasilnya? Bajajnya jadi cukup keren.

Kendaraan roda tiga listrik yang telah diperkenalkan 16 April 2013 kemarin, merupakan buatan perusahaan ventura ElecTrike Jepang yang berbasis di Kawasaki City, Kanagawa Jepang. Meski hanya memiliki 3 roda dengan tampang lucunya, kendaraan ini telah dibuat bebas polusi alias telah mengadopsi tenaga listrik.

bajaj2

Presiden ElecTrike Noboru Matsunami menyatakan bahwa dirinya sangat antusias dalam proyek kali ini. Dia juga berharap bisa mengurangi emisi CO2 dengan proyeknya tersebut.

Bajai listrik di Jepang ini pun direncanakan akan dijual untuk bisnis yang dibanderol mencapai 2 juta yen (Sekitar Rp 200 juta), dengan target penjualan hingga 10 unit di 2013 dan 100 unit di 2014. Namun pada tahun 2015 perusahaan-perusahaan kendaraan listrik di Jepang ini berencana untuk menurunkan harga hingga 1 juta yen agar bisa dinikmati masyarakat umum.

bajaj1

Yang jadi pertanyaan adalah apakah Bajaj ini akan menjadi kendaraan umum, kendaraan pribadi, atau khusus hanya untuk kendaraan dinas di Jepang saja. Jika menjadi kendaraan umum, tentunya akan lucu melihat orang Jepang menaiki Bajaj.


loading...
FOTO: Bajaj Listrik Ala Negeri Sakura | makinseru | 4.5