Ditemukan Siput Laut Miliki Alat Kelamin Sekali Pakai

00031558Para ilmuwan dibuat terkejut dengan penemuan spesies siput laut kali ini. Pasalnya, siput laut itu memiliki alat kelamin yang tak lazim yaitu hanya sekali pakai. Uniknya, alat kelamin tersebut bisa ia ganti jika rusak setelah proses kawin.

Siput laut tak bercangkang itu bernama Chromodoris reticulata dan dijumpai di Samudra Pasifik. Orang yang pertama menemukannya adalah Ayami Sekizawa, biolog dari Osaka City University, Jepang. Melakukan pengamatan saat melakukan reproduksi, Ayami melihat sendiri bahwa siput ini menanggalkan organ kejantanannya setelah kawin.

Hewan laut yang ukurannya cuma sebesar jempol manusia dewasa ini memang memiliki penis sekali pakai. Alat kelamin yang dibuang setelah kawin itu bisa langsung diganti dalam kurun 24 jam. Siput laut hemafrodit ini pun bisa menggantinya hingga 3 kali.

“Tidak ada hewan lain yang diketahui mampu kawin berulang kali dengan penis sekali pakai,” tulis anggota tim peneliti, Bernard Picton, dalam publikasinya di Royal Society Journal Biology Letters. “Saya tidak pernah melihat hal seperti ini sebelumnya.”

Hingga kini belum diketahui alasan pembuangan organ kejantanan ini. Peneliti menduga itu sama seperti penggantian jarum suntik kotor karena saat kawin siput ini melakukan transfer sperma dengan pasangannya. “Jadi penisnya harus dibuang untuk memastikan bersih sebelum kawin lagi,” imbuh Nils Anthes dari Universitas Tubingen di Jerman.


loading...
Ditemukan Siput Laut Miliki Alat Kelamin Sekali Pakai | makinseru | 4.5