Ditemukan Jejak Badak Sumatera Langka di Kalimantan

jejak badakPecinta lingkungan dan konversi nasional mendapatkan kabar gembira dari hutan Kalimantan Timur. Hewan langka yang disangka punah di daratan Borneo baru saja ditemukan jejaknya. Ada jejak mirip badak di belantara hutan di sana.

Pada Kamis (28/3), WWF mengumumkan ada jejak bekas badak yang masih segar. Tanda-tanda itu berupa jejak kaki, bekas kubakan, bekas gesekan tubuh pada pohon, gesekan cula pada dinding kubangan serta bekas gigitan dan pelintiran pada pucuk tanaman. Universitas Mulawarman menyebutkan spesies tersebut kemungkinan besar adalah Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis).

Temuan tersebut diyakini benar karena juga didukung data historis sebaran Badak Sumatra di Kalimantan yang terdokumentasi sebelumnya. Namun hingga kini belum dapat dikonfirmasi berapa jumlah badak yang teridentifikasi melalui temuan itu.

“Tim survei juga mengidentifikasi adanya ketersediaan pakan badak yang berlimpah dan bervariasi, lebih dari 30 spesies tumbuhan pakan,” tulis WWF dalam pernyataan resmi. Direktur Konservasi WWF-Indonesia, Nazir Foead, bersama Kementerian Kehutanan dan Pemda Kubar akan melakukan survei lanjutan untuk memetakan habitat badak dan populasinya di Kutai Barat.

Temuan ini membawa angin segar karena keberadaan Badak Sumatera di Kalimantan sudah tidak pernah terdengar dan diketahui keberadaanya lagi. Bahkan badak langka itu telah punah sejak 1990-an. International Union for Conservation of Nature telah mengklasifikasikan badak ini dalam kategori kritis (Critically Endangered).


loading...
Ditemukan Jejak Badak Sumatera Langka di Kalimantan | makinseru | 4.5