Dilarang Kerja Pakai Celana Pendek, Masinis di Swedia Kenakan Rok

masinis

Sebuah perusahaan kereta api di Swedia baru saja mengeluarkan peraturan baru yang melarang bekerja dengan memakai celana pendek saat musim panas. Rupanya hal itu disambut tidak senang oleh para masinisnya. Alhasil mereka malah “menantang” dengan mengenakan rok pendek selutut.

Keputusan kontroversial itu dilakukan oleh para masinis kereta jalur Roslagsbanan di Stockholm. Bahkan mereka memamerkan foto diri mengenakan rok dengan pede di Facebook. Seorang pegawai di kereta mengaku melakukannya karena tidak tahan dengan cuaca panas jika harus bekerja memakai celana panjang.

“Kami juga mengatakan, ketika musim panas tiba kami akan memakai rok,” ucap Martin Akersten, yang bekerja di kereta. “Ini cuaca sangat panas, jadi kami selalu ingin memakai celana pendek. Tapi jika tidak bisa maka kami pakai rok agar nyaman. Rok itu keren dan celana panjang terlalu panas”

Tentu saja pemandangan yang aneh ketika melihat laki-laki berseragam bekerja mengenakan rok. Namun Martin mengaku para penumpang keretanya tidak ada yang mempermasalahkan hal tersebut.

“Para penumpang memang memandangi kami tapi sejauh ini tidak ada yang mengatakan apapun, setidaknya padaku,” lanjut pria berusia 30 tahun itu. “Aku juga tidak peduli asal aku merasa nyaman.”

Perusahaan kereta, Arriva, sendiri malah tidak keberatan masinisnya pakai rok. Mereka mengaku tidak bisa melarangnya daripada dituding melakukan diskriminasi. “Saya pikir rok itu masih layak dan pantas untuk merepresentasikan perusahaan ini,” ucap Tomas Hedenius, manajer komunikasi Arriva.


loading...
Dilarang Kerja Pakai Celana Pendek, Masinis di Swedia Kenakan Rok | makinseru | 4.5