Cerita Awal Batu Akik Jadi Primadona di Indonesia

batu akik

Batu akik kini hampir jadi pemberitaan media. Mulai dari harganya yang selangit, hingga kolektor batu akik yang menyerbu berbagai pameran, hingga menggali batu akik di tempat-tempat tertentu.

Fenomena ini menjadi luar biasa lantaran kini hampir semua lapisan masyarakat ganderung dengan batu mulia itu. Bahkan, hal-hal tidak patut dilakukan demi mendapatkan batu akik, misalnya melakukan penambangan sembarangan, atau mencuri nisan untuk dibuat batu akik.

Sebenarnya, bagaimana awal batu akik ini menjadi sangat fenomenal di Indonesia? Padahal, batu akik dengan berbagai macam jenis batu telah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Konon, batu akik ini menjadi kian moncer setelah Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) memberikan hadiah batu akik jenis bacan kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Pemberitaan pun meluas hingga akhirnya publik nasional dan internasional pun tahu kalau SBY dan Obama sama-sama menggunakan batu akik jenis bacan. Namun, SBY dalam hal ini belum pernah mengeluarkan statement.

Batu bacan ini berasal Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Daerah Bacan ini memang dikenal dengan penghasil batu cincin. Sebelum menjadi batu cincin, batu bacan harus dicari yang memiliki warna khusus. Bahkan, batu yang dimiliki mempunyai sifat bernyawa.

Batu bacan memiliki beragam warna, bahkan suhu tubuh manusia bisa memengaruhi keindahan batu bacannya.

Selain SBY dan Obama, konon Sultan Hasanal Bolkiah raja Brunei pun menggunakan batu bacan ini.

Setelah batu bacan terkenal, batu akik dari jenis batu-batu yang lain pun ramai diburu oleh para kolektor batu akik, hingga akhirnya masyarakat awam pun kini ikut-ikutan latah menyukai batu akik.

 


loading...
Cerita Awal Batu Akik Jadi Primadona di Indonesia | makinseru | 4.5