9 Catatan Spesial Dari Musik Manca di Tahun 2012

10-catatan-dari-musik-manca-di-tahun-2012

Nama-nama lama masih berjaya dalam catatan musik sepanjang 2012. Beberapa nama baru bermunculan, album demi album ditelurkan dan kontroversi terus terjadi.

1. Musik Dubstep

musik dubstep

Kalau dirunut-runut akar sejarahnya, dubstep punya ‘orang tua’ dari Jamaika. Karena ‘dub’ dari dubstep merupakan perpanjangan musik ska. Evolusi tersebut digabung dengan musik elektronik, yang berkembang sekitar tahun 90-an.

Dubstep dipercaya besar di Inggris. Musik-musik elektronik memang berkembang pesat di benua Eropa. Karena komunitasnya yang sangat tersegmentasi, genre itu butuh waktu lama menembus Amerika.

Seperti biasa, apapun yang sedang booming di negara adidaya itu selalu mendapat perhatian dunia. Demikian pula musik dubstep, yang berhasil mengangkat nama Skrillex ke permukaan, meski sebenarnya DJ dubstep ada banyak.

Dengan album BANGARANG, Skrillex menjadi semacam simbol dubstep. Itu belum termasuk potongan rambut botak sebelah yang langsung ramai ditiru banyak pesohor lain. Pada 2012, dia merilis MAKE IT BUN DEM AFTER HOURS.

2. Pussy Riot

pusy riot

Musik punk + pemerintahan = kontroversi. Apalagi kalau dilakukan oleh kaum hawa yang memakai tutup kepala dan menggunakan inisial setiap kali diwawancara atau show. Sebelas orang wanita Rusia memainkan musik punk, meneriakkan celaan tentang Presiden Vladimir Putin dan rezimnya, kepemimpinan Gereja Orthodok Rusia dan hak-hak pecinta sesama jenis.

Pada Februari 2012, lima personel Pussy Riot mengadakan show di dalam sebuah gereja di Moskow. Pertunjukan itu dihentikan keamanan gereja. Malam harinya, beredar sebuah video musik berjudul Punk Prayer, Mother of God, Chase Putin Away. Pemerintah kebakaran jenggot, personel band pun dicari.

Bulan Maret, dua orang ditangkap. Dua minggu kemudian, seorang lagi ditahan. Sisanya bersembunyi, dan pecinta musik pun bereaksi keras. Banyak yang memuja kebebasan bermusik sebagai alasan pembenaran, dan tentu saja, yang membela Pussy Riot terus bertambah.

3. Katy Perry Atau Skrillex?

katy perry

Musik berarti penampilan. Semakin aneh, semakin diingat. Karena sektor pamer kulit sudah dikuasai Lady Gaga dan Rihanna, maka sektor warnai rambut mulai bertindak.

Sepanjang 2012, pemberitaan marak oleh rambut berwarna biru, ungu, hijau neon dan shocking pink. Katy Perry dan Nicki Minaj menjadi dua nama yang paling populer, meski sebenarnya Avril Lavigne sudah lama gemar menyelipkan warna-warna cerah di rambutnya.

Kemunculan Skrillex dengan potongan setengah kepala dicukur habis pun menjadi populer. Hari ini, tak sedikit siswi sekolah di Jakarta berpotongan serupa.

4. Kembalinya Band-Band Veteran

band veteran

Nama-nama besar mulai kembali berproduksi di tahun 2012, membuat persaingan semakin ketat. Kebanyakan dari mereka adalah band-band panggung, bukan penyanyi yang lahir dan dibentuk dari studio rekaman.

Black Sabbath, The Rolling Stone, Soundgarden, No Doubt adalah beberapa di antaranya. Nama berbahaya itu ditambah rumor Rage Against The Machine sedang mengerjakan album baru.

Harus diakui, beberapa tahun belakangan memang seperti kekurangan band. Kebanyakan adalah penyanyi solo, atau vokal grup seperti boyband. Sepertinya 2013 bakal seru sekali, ya?

5. Ajang THE VOICE

the voice

Bosan dengan ajang pencarian bakat macam IDOL dan THE X FACTOR, stasiun televisi NBC melahirkan THE VOICE yang diadaptasi dari THE VOICE OF HOLLAND.

Ditayangkan pertama kali di pertengahan 2011, pada 2012 THE VOICE menjadi salah satu program mingguan yang paling ditunggu. Menduduki kursi-kursi juri, adalah Christina Aguilera, Adam Levine, Blake Shelton dan Cee Lo Green.

Program ini sudah melewati tiga season, dan saat ini sedang tayang yang keempat dengan juri Adam Levine, Usher, Shakira dan Blake Shelton. Sistemnya memang dibuat berbeda dan menarik dengan tim-tim juri yang bisa berebut kontestan.

6. Dominasi Adele

adele

Pernah merilis album tahun 2008, Adele melempar album kedua (21) pada 2011. Sejak saat itu, wanita 24 tahun tersebut bertahta.

Vokal yang luar biasa, lagu-lagu yang tepat sasaran dan penampilannya yang tidak kurus serta terbuka, membuat Adele dipuja dunia. Ditambah, dia berasal dari Inggris. Dia merokok dan suka minum anggur, serta gemar sekali tertawa.

Adele begitu mirip manusia biasa tanpa status bintang, sehingga penggemar merasa dekat dengannya. Tahun ini, dia masuk daftar orang terkaya di bawah 30 tahun dan meraih penghargaan di mana-mana.

Sebelum gaung Rolling in the Deep hilang, Adele sudah merilis Skyfall yang jadi soundtrack film James Bond. Dia baru mempunyai bayi, jadi diputuskan Adele akan berkonsentrasi pada keluarganya dulu.

7. Whitney Houston Meninggal

Whitney Houston

11 Februari 2012, tak ada yang tak terkejut mendengar atau membaca berita meninggalnya salah satu diva dunia, Whitney Houston. Bukan hanya penyanyi, dia juga seorang aktris, model dan produser.

Berbagai penghargaan telah diraihnya, puluhan piala dibawa pulang, juga sejumlah naik-turun kehidupan dilaluinya di bawah mata kamera. Dunia melihat Whitney jatuh-bangun dalam menghadapi kebangkrutan serta tingkah polah suami.

Meninggal di usia 48 tahun yang terhitung cukup muda, berbagai spekulasi pun timbul. Mulai dari rancangan pembunuhan sampai trik Illuminati, semua ramai membahasnya.

8. Megaupload.com Ditutup

megaupload

Siapa tak kenal nama Megaupload? Situs ini menjadi andalan para pengguna internet demi mendapatkan album musik (atau film) terbaru, yang bahkan belum rilis. Artinya, Megaupload punya peran besar dalam pembajakan musik.

Sudah lama ada berita situs-situs uploader akan ditutup, sehubungan dengan pembajakan musik. Yang paling berkesan adalah ketika Megaupload ditutup, karena dibutuhkan sepasukan polisi untuk menangkap pejabat perusahaan yang berdiri tahun 2007 itu.

Di Selandia Baru, tiga eksekutif perusahaan dijebloskan ke penjara pada bulan Januari. Kasus terus berlanjut karena perusahaan ini menyimpan banyak rahasia, sehingga polisi pun butuh waktu melacak.

Puncaknya adalah ketika pendiri Megaupload, Kim Dotcom menembak dirinya sendiri tepat di hari ulang tahunnya yang ke 38, di dalam istana mewahnya. Saat itu, dia berusaha menghindari ditangkap polisi yang sudah mengepung rumahnya.

9. PSY

PSY

Berlawanan dari kebanyakan artis Korea yang nyaris sempurna penampilannya, PSY muncul dengan tubuh tambun dan tarian yang bila dilihat sekilas, menggelikan.

Cukup dengan satu lagu saja, Gangnam Style, PSY menghebohkan dunia dan menjadi culture shock. Bintang-bintang kelas atas Hollywood menarikan Horse Dance, lagunya diputar di mana-mana.

Sempat dikritik karena rasis terhadap orang Amerika, kini PSY malah sering berada di sana dan mengajar cara menari seperti pada klipnya. Oh, jangan lupa, klipnya menjadi video yang paling banyak ditonton sepanjang 2012, mengalahkan Justin Bieber.


loading...
9 Catatan Spesial Dari Musik Manca di Tahun 2012 | makinseru | 4.5