Bukan Orang Indonesia, Bule Inggris Ini Cinta Gamelan Dan Pandai Bahasa Jawa

Indonesia tidak hanya terkenal dengan kekayaan alam, namun juga budayanya. Salah satunya adalah musik gamelan yang menjadi ciri khas daerah Jawa.

Baca Juga: Miris, 5 Seleb Ini Batal Menikah Jelang Hari-H

Tak disangka, seni musik gamelan ternyata cukup digemari oleh masyarakat asing. Di Inggris, tepatnya di Southbank Centre, ada beberapa bule yang antusias mempelajari dan menggelar pertunjukan gamelan. Salah satunya adalah Peter William Hendrik Smith.

Peter adalah bule yang unik. Meski bukan orang asli Indonesia, ia amat mahir berbahasa Indonesia dan Jawa, serta mencintai musik gamelan.

Kecintaannya tersebut tumbuh hingga Peter sempat memutuskan beberapa tahun tinggal dan menetap di Solo. Belum lama ini, ia dan murid-muridnya sempat mempertunjukkan kemampuan mereka dalam memainkan gamelan di Festival Kesenian Yogyakarta.

Menurut laporan yang diturunkan oleh Brilio, Peter pertama kali mengenal gamelan ketika menjadi mahasiswa musik. Begitu melihat gamelan yang dihiasi berbagai ukiran indah dan juga mendengar suaranya yang merdu, ia langsung terpikat dengan alat musik tradisional tersebut.

Peter, yang kini lebih senang disapa dengan sebutan Parto, juga sudah sepenuhnya menyesuaikan diri dengan kebudayaan Indonesia. Selama tinggal di Solo, dirinya sudah biasa memakan menu masakan tradisional seperti sambel pete dan jengkol.

Menurut Peter, musik gamelan memiliki irama yang khas dan amat bagus untuk relaksasi. Berkat kegigihannya dalam memperkenalkan budaya Indonesia, kini gamelan sudah cukup populer di Inggris. Peter mengklaim kini ada 100 orang muridnya yang sudah mempelajari dan mahir memainkan gamelan.

Jika selama ini gamelan selalu identik dengan orang tua, maka tidak demikian dengan kelas yang dipimpin Peter. Ia mengungkap bahwa muridnya banyak yang masih berusia muda. Bahkan di Inggris, banyak juga mahasiswa Indonesia yang membantunya dalam mengajar.

Baca Juga: 5 Artis Cantik Ini Diam-diam Kena Cinta Lokasi

Bagaimana dengan kalian? Tertarik juga untuk mempelajari budaya asli Indonesia seperti Peter alias Parto? Prev

loading...
Bukan Orang Indonesia, Bule Inggris Ini Cinta Gamelan Dan Pandai Bahasa Jawa | makinseru | 4.5