Biayai Anak Sekolah, Bapak Tukang Sapu Ini Tujuh Tahun Makan Mi Instan

Seorang ayah dari Tiongkok rela hanya makan mie instan dan bakpao di tujuh tahun terakhir agar ia bisa membiayai mimpi anaknya untuk menjadi seorang atlet gimnastik, menurut laporan SCMP.com.

Hou Yanwei, berusia 49 tahun, merupakan seorang tukang sapu jalanan dan penggemar olahraga atletik dari provinsi Hubei. Ia mengatakan putrinya yang berusia 11 tahun, biasa dipanggi Xinxin, amat antusias mendalami dunia gimnastik sejak usia empat tahun.

Dalam lima tahun terakhir, gadis tersebut menempuh pendidikan di Wuhan Instute, dan ia kabarnya merupakan salah satu murid berprestasi.

Hou mengatakan bahwa mimpi terbesarnya adalah melihat sang putri bergabung dengan barisan tim nasional. Dan ambisi tersebut membuat sang bapak harus berkorban begitu besar, terutama dari sisi finansial.

Hou tukang sapu (c) SCMP

Meski hanya menghasilkan 2.000 yuan per bulan, atau sekitar 4 juta rupiah, Hou harus menyediakan 14.000 yuan, sekitar 28 juta rupiah, setahun untuk membiayai biaya pendidikan Xinxin. Selain itu masih ada 3.000 yuan ekstra untuk biaya kehidupan putrinya sehari-hari.

Pasangan ayah dan anak tersebut tinggal di sebuah rumah kecil, dengan harga sewa 300 yuan per bulan, dan Hou melakukan semua yang ia bisa untuk meminimalisir pengeluaran.

Sejak putrinya mendalami dunia gimnastik, Hou memutuskan untuk hanya makan mie instan dan bakpao, dua makanan yang menurutnya berharga lumayan murah.

Hou tukang sapu bersama putrinya (c) SCMP

Menurut Hou, dirinya bukan ayah yang bisa memberikan kehidupan mewah pada putrinya, namun ia siap berkorban demi memberikan pendidikan terbaik.

Hou memperkirakan bahwa ia sudah memakan sekitar dua ton mie dalam tujuh tahun terakhir, dan mengatakan dirinya membatasi diri untuk tak mengeluarkan lebih dari 10 yuan per hari.

Hou mengatakan bahwa perjuangannya memang sama sekali tak mudah, namun ia berharap putrinya mendapat hidup yang lebih baik darinya di masa mendatang. Prev

loading...
Biayai Anak Sekolah, Bapak Tukang Sapu Ini Tujuh Tahun Makan Mi Instan | makinseru | 4.5