Berlian Biru Langka Seharga Rp 97 Miliar Ditemukan di Afsel

berlian

Berlian biasa saja sudah mengundang decak kagum, bagaimana bila itu berlian biru yang langka? Berlian biru yang langka kembali ditemukan di sebuah tambang di Afrika Selatan.

Batu sebesar 25,5 karat tersebut ditemukan di tambang Cullinan oleh perusahaan Petra Diamonds. Berlian biru tersebut diperkirakan memiliki nilai mencapai USD 10 juta atau sekitar Rp 97,1 miliar. “Ini sangat tidak biasa untuk sebuah berlian dengan kualitas dan ukuran ini masuk ke pasar,” kata juru bicara perusahaan, Cathy Malins.

Tambang Cullinan selama ini memang dikenal sebagai tambang penghasil ratusan batuan berharga, terutama berlian biru. Sebelumnya berlian kasar sebesar 26,6 karat juga ditemukan di tambang yang letaknya di timur laut Pretoria Afrika Selatan itu pada 2009. Berlian itu dipotong mendekati sempurna dan terjual dengan harga sedikit di bawah USD 10 juta di balai lelang Sotheby’s.

Berlian biru lainnya yang juga ditemukan di Cullinan telah terjual dalam lelang dengan harga USD 10,8 juta pada tahun lalu. Nilai tersebut memecahkan rekor dunia untuk nilai per karat. Berlian potong terbesar kedua di dunia, bentuk buah pir sebesar 530 karat, juga ditemukan di tambang Cullinan.


loading...
Berlian Biru Langka Seharga Rp 97 Miliar Ditemukan di Afsel | makinseru | 4.5