Bandara di Arktik Akan Jadi Pintu Gerbang ke Luar Angkasa

bandara-internasional-di-arktik-akan-jadi-pintu-gerbang-ke-luar-angkasa

Spaceport Sweden, sebuah perusahaan yang didirikan pada 2007 akan mengubah bandara internasional di kota kecil Swedia di Arktik, Kiruna, menjadi bandara yang juga menawarkan penerbangan ke ruang angkasa komersial.

“Kami sedang membuat penerbangan komersial dari Swedia ke ruang angkasa untuk kepentingan pariwisata dan penelitian, dan untuk membuat tempat peluncuran di bandara tersebut,” jelas direktur perusahaan, Karin Nilsdotter, di kantornya di Swedish Institute of Space Physics (IRF), melansir dari AFP.

Idenya adalah bahwa turis antariksa akan lepas landas untuk perjalanan maksimum selama dua jam ke ruang angkasa dengan pesawat luar angkasa canggih yang saat ini sedang menjalani pengujian. Pesawat tersebut merupakan pesawat yang memadukan pesawat biasa dan pesawat ruang angkasa, serta dapat membawa antara satu hingga enam penumpang.

Penerbangan sub-orbital tersebut akan membawa penumpang 100 kilometer di atas Bumi dan memungkinkan mereka untuk menikmati sensasi lima menit mengambang di udara.

Letak Kiruna yang berada di ujung utara Swedia dan Eropa, dipilih untuk program ini karena lalu lintas udara disini tidak sibukBagi para petualang yang tidak sabar untuk mengunjungi ruang angkasa, Spaceport Swedia sudah menawarkan penerbangan dari bandara Kiruna untuk melihat aurora, sebuah fenomena spektakuler dengan cahaya yang berwarna-warni di langit malam. Biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan tersebut adalah $1.059 (setara Rp10 juta).


loading...
Bandara di Arktik Akan Jadi Pintu Gerbang ke Luar Angkasa | makinseru | 4.5