9 Kejadian Kontroversial Panggung Musik Internasional 2012

10-kejadian-kontroversial-musisi

Banyak yang terjadi pada perkembangan panggung musik dunia di sepanjang tahun 2012 ini. Banyak pendatang baru bermunculan, begitu pula dengan single maupun album hebat yang telah diluncurkan. Di balik itu semua, tak lengkap bila panggung musik dunia tanpa bumbu kontroversi.

Sejak awal tahun, sejumlah kejadian kontroversial kerap mewarnai belantika musik dunia. Pelakunya? Ya, sebagian tetap dilakukan oleh nama-nama lama. Siapa saja mereka? Apa saja tingkah laku kontroversialnya?

1. Fans Selena Gomez Bunuh Diri Akibat Bully

Kejadian mengejutkan ini terjadi pada awal tahun 2012, tepatnya pada bulan Januari. Seorang fans berat Selena Gomez lebih memilih bunuh diri setelah tak mampu menahan bullying yang dilakukan oleh Beliebers, fans kekasih selena sendiri, Justin Bieber.

Sebelum melakukan aksi bunuh diri, gadis yang masih belia ini sempat mengirimkan sebuah pesan di Twitter. Ia mengungkapkan perasaan kecewanya di jejaring sosial tersebut. Melalui akun SparksForSelena ia mengaku lebih memilih bunuh diri daripada menerima hujatan bertubi-tubi dari Biliebers.

“I WISH I WAS DEAD!!!!… I GET TEASED, PICKED ON, MESSED WITH, KICKED BY, ARE YOU GUYS HAPPY?! I BET YOU ARE!!… @ShawtyOfBiebuh WATEVER. I CAN’T DEAL WITH THIS ANYMORE. GOODBYE… I WAS SORRY ABOUT EVERYTHING,, BYE,” tulis korban.

2. Acungan Jari Tengah Adele

Adele sukses berat pada ajang Brit Awards 2012 Februari silam. Penyanyi asli Inggris ini sukses memborong dua gelar sekaligus untuk kategori Best British Female dan Best British Album untuk album 21.

Tentu saja Adele puas dengan apa yang didapatkannya. Namun perasaan bahagia Adele berbalik menjadi amarah setelah James Corden, host Brit Awards memotong pidato kemenangan Adele. Muak dengan kelakuan Corden, Adele pun mengacungkan jari tengahnya disaksikan seluruh penonton.

“Oh, jadi kata-kata saya dipotong ya? Tapi bisa kan saya ucapkan selamat tinggal dan sampai ketemu di lain waktu,” ujar Adele sembari meninggalkan panggung dan mengacungkan jari tengah.

3. Acungan Jari Tengah MIA

Total ada dua jari tengah yang populer di bulan Februari. Selain Adele, MIA juga melakukan hal yang sama di gelaran Super Bowl. Tampil bersama Nicki Minaj, MIA beraksi sebagai rekan kolaborasi Madonna.

Sebenarnya pertujukan ini berlangsung sangat bagus dan spektakuler. Sayang MIA merusaknya ketika mengacungkan jari tengahnya saat ia mendapat porsi bernyanyi. Sialnya, aksi MIA yang tidak berlangsung lama ini mendapat sorotan kamera. Alhasil MIA mendapat hujatan seluruh Amerika akibat aksi tersebut.

Meski sempat kecewa, Madonna akhirnya memberi maaf pada MIA. Begitu pula MIA yang langsung menyesal beberapa saat setelah turun panggung.

4. One Direction, The Next Beatles?

Siapa boyband terhebat dan paling populer di tahun 2012? Hampir seluruh remaja di segala belahan dunia (selain fans K-Pop) pasti serentak menyebut One Direction. Boyband asal Inggris ini sukses lewat debut albumnya, UP ALL NIGHT disusul album keduanya, TAKE ME HOME.

One Direction bukan boyband jago kandang, Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson sukses menginvansi Amerika Serikat dan belahan dunia lainnya. Prestasi ini langsung dikaitkan dengan supergrup legendaris yang juga berasal dari Inggris, The Beatles.

Apa tanggapan personel The Beatles atas opini ‘berlebihan’ ini? “Ada begitu banyak band yang disebut The Next Beatles ketika mereka baru muncul dan meraih sukses instan. Mendapat sebutan seperti itu memberikan tekanan yang tidak mudah,” ujar Paul McCartney.

5. Tur MDNA Madonna

Madonna adalah Ratu Kontroversi, setuju? Penyanyi yang tahun ini genap berusia 54 tahun ini kembali melakukan hal-hal di luar batas wajar di sepanjang 2012. Comeback manis Madonna lewat album MDNA langsung disambut dengan tur panjang ke seluruh dunia. Namun sayang banyak kejadian kontroversial di sana.

Salah satu yang tak akan terlupa di tur MDNA ini adalah seringnya Madonna tampil vulgar di atas panggung. Bahkan tak jarang ia memamerkan dada dan pantatnya secara frontal pada penontonnya. Sedihnya, Madonna dianggap melakukan itu semua karena sudah tak mampu menampilkan suara terbaiknya. Bahkan di Inggris para penonton lebih memulai pulang sebeluk konser berakhir setelah kecewa dengan aksi yang disuguhkan Madonna.

6. Lady Gaga Diboikot di Indonesia

Sepanjang bulan Mei adalah hari-hari yang membuat Little Monster di Indonesia gundah. Pasalnya kala itu spekulasi jadi tidaknya konser idola mereka, Lady Gaga tak kunjung usai. Konser Lady Gaga diboikot orang sejumlah pihak karena dianggap membawa aliran setan. Di pihak lain, Lady Gaga tetap diharapkan menggelar konser karena apapun yang dilakukannya adalah bagian dari seni.

Namun konser yang sedianya digelar tanggal 1 Juni 2012 itu harus dibatalkan. Kabar beredar bahwa Gaga lebih memilih membatalkan konsernya demi menjaga keamanan dirinya serta fansnya. Baik Gaga maupun Little Monster sama-sama kecewa dengan keputusan tersebut. Demi mengurangi kekecewaan fansnya, Gaga mendedikasikan konsernya di Singapura untuk Little Monster Indonesia.

7. PSY Rasis?

Siapa bintang paling bersinar di tahun 2012? PSY? Ya, masuk akal. Bintang asal Korea Selatan ini begitu populer di paruh akhir tahun ini berkat tarian Gangnam Style-nya. Bahkan video klip single itu menyentuh rekor video klip dengan viewers terbanyak di Youtube sepanjang masa.

Meroketnya popularitas PSY mau tak mau harus diiringi dengan rasa penasaran media-media dunia. Banyak yang ingin lebih mengenal PSY, termasuk masa lalu sang bintang. Masalah akhirnya muncul setelah sebuah video yang berisi hujatan PSY untuk kelakuan tentara Amerika Serikat beredar. Seketika PSY dianggap sebagai seorang Anti Amerika walau video itu sebenarnya dibuat delapan tahun silam, jauh sebelum PSY terkenal di seluruh dunia.

PSY mengakui dia memang melakukannya delapan tahun silam. Ia menjelaskan bahwa itu adalah reaksinya atas matinya dua warga Korea di tangan serdadu Amerika Serikat. Menurut PSY, lagu itu tidak khusus ia tujukan pada Amerika Serikat, namun lebih pada kejahatan perang di seluruh dunia. Tak lupa penyanyi murah senyum ini juga menyampaikan permohonan maaf pada seluruh orang yang merasa terganggu dengan lirik lagu berjudul Dear America tersebut.

“Aku sangat menyesal dengan penafsiran lirik itu. Aku selamanya akan menyesal untuk setiap sakit yang disebabkan lirik itu,” tutur pria 34 tahun ini.

8. Bieber Tipu Fansnya

Apapun bakal dilakukan untuk kesuksesan sebuah produk. Mungkin itu yang terpikir oleh Justin Bieber. Jelang merilis video klip Beauty and a Beat, Justin Bieber rela membohongi jutaan fansnya.

Ceritanya saat itu Bieber mengaku telah kehilangan laptop dan kamera pribadinya. Ia tampak shock dan berkali-kali mengungkapkan kemarahannya baik melalui Twitter maupun media. Otomatis fans Bieber pun turut cemas.

Bieber di video klip @foto: fanparty.ruBieber di video klip @foto: fanparty.ru

Namun sandiwara itu akhirnya terungkap setelah Bieber merilis video klip tersebut.  Dalam video itu jelas terungkap bahwa Bieber memang sengaja melempar isu hilangnya laptop dan kamera demi mendukung jalan cerita video klip tersebut. Remaja 18 tahun inipun sukses membuat fansnya sedih dan berujung senang.

9. Rihanna Bikin Rusuh di Prancis

Rihanna memang ‘gila’, segila fansnya di Prancis. Bulan September lalu Rihanna yang hendak menggelar konser di Prancis tiba-tiba memposting di Twitter nomor kereta Eurostar yang bakal ditumpanginya. Parahnya ia juga menulis jam kedatangan serta lokasi kereta tersebut. Bisa ditebak, fans Rihanna pun langsung berbondong-bondong menyerbu stasiun.

‘Sukses’ mengumpulkan massa, Rihanna justru kebingungan mencari jalan keluar dari stasiun. Setelah bersusah payah, Rihanna akhirnya berhasil lolos dan menulis isi hatinya di Twitter. “Orang Prancis benar-benar gila!!! Aku harus berjuang untuk keluar dari stasiun kereta sialan ini!!” tulisnya.

Siapa yang gila ya? 🙂


loading...
9 Kejadian Kontroversial Panggung Musik Internasional 2012 | makinseru | 4.5