7 Tips Hadapi Stres Saat Tengah Berlibur

7-tips-hadapi-stres-saat-tengah-berlibur

Liburan sebentar lagi, semangatlah ya tentunya menyambutnya apalagi sebelum berlibur Anda sempat dikejar deadline kerja yang bikin pusing. Tentu liburan adalah momen penghilang penat, namun apa jadinya jika saat liburan malah stres mendadak melanda.

Seperti dilansir Foxnews, Kamis (20/12/2012) ada 7 tips mengatasi stres disaat libur.

1. Ramuan Pasionflower

Beberapa studi menunjukkan kalau ramuan ini juga bisa mengobati stres. Walaupun masih belum bisa terbukti, tapi pasionflower bisa meningkatkan fungsi obat di otak yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA). Passionflower juga menurunkan aktivitas dari beberapa sel-sel otak yang membuat Anda lebih santai.

Passionflower tersedia dalam berbagai bentuk termasuk infus, teh, ekstrak cair dan tincture tapi tidak dianjurkan untuk anak-anak atau untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menambahkannya ke dalam daftar diet Anda, terutama jika Anda juga mengonsumsi obat lain.

2. Massage (Pijat refleksi)

Pijat adalah salah satu alternatif yang digunakan untuk menghilangkan stres dari ribuan tahun lalu. Pijat bisa mengendurkan otot tegang, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan membantu menenangkan pikiran.

3. Meditasi

Lakukan meditasi setidaknya 15 sampai 30 menit sehari. Sebuah cara yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan murah. Biarkan pikiran Anda bebas dan tenang kemudian bernapas dalam-dalam agar bisa melepaskan stres.

4. Latihan

Coba latihan ringan seperti yoga, Tai Chi atau berjalan. Olahraga bisa melepaskan endorfin ke dalam otak, yang meningkatkan suasana hati Anda. Hal ini juga mencegah obesitas dan masalah kesehatan lainnya

5. Atur hidup Anda

Atur diri Anda untuk melakukan hal yang Anda senangi. Jika Anda orang yang jarang ada di rumah, coba cari teman yang bisa menghibur. Tapi jika Anda lebih senang sendiri di rumah, coba lakukan sesuatu di rumah yang bisa membuat Anda lebih tenang.

6. Makan sehat

Kurangi Junk food dan cobalah untuk makan makanan sehat seperti kacang-kacangan yang banyak mengandung protein yang bisa mengembalikan mood Anda dan memberikan energi dalam jangkan panjang. Menurut para ahli, coba makanan lainnya seperti blueberry, salmon dan almond.

Tambahkan juga secangkir kopi dalam daftar minuman Anda. Karena menurut penelitian, minum kopi di siang hari dapat memberi manfaat kesehatan, cukup satu cangkir saja sehari karena terlalu banyak kafein akan membuat Anda gelisah dan cemas.

7. Tidur sehat

Tidur adalah cara paling ampuh ketika kita sedang berada dalam tekanan, karena dengan tidur sejenak kita bisa melupakan masalah. Jika kurang tidur, bisa membuat Anda mudah tersinggung dan gelisah, sebaliknya, kebanyakan tidur bisa membuat Anda lesu dan depresi.

Cobalah biasakan tidur cukup setiap hari. Tidur yang baik bisa memberikan sinyal ke otak untuk lebih rileks. Hindari olahraga 3 jam sebelum tidur. Jika Anda tidak bisa tidur, coba mandi air hangat atau makan karbohidrat ringan seperti pisang, kacang-kacangan, buah, susu. Hindari makanan berat sebelum tidur karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan mulas keesokan harinya.


loading...
7 Tips Hadapi Stres Saat Tengah Berlibur | makinseru | 4.5