7 Band Yang Namanya Terinspirasi Film Horor

Sama-sama berada di lingkar yang sama, yaitu entertainment, memang tak dapat dipungkiri kedekatan film dan musik. Bukan hanya saling melengkapi, seperti musik bisa jadi identitas sebuah film, namun bahkan dapat jadi inspirasi.

Seperti berikut ini 7 band yang namanya terinspirasi dari film-film horor. Serunya, kebanyakan filmnya sudah berusia sangat tua. Band apa dan film apa? Cek, cek.

1. Black Sabbath
Sebelum eksistensi band heavy metal dari Inggris, Black Sabbath dimulai, pada 1963 ada film antologi berjudul sama. Malah, ada dua versi film ini, dari Amerika dan Italia.

BLACK SABBATH yang film sebenarnya simpel saja, soal seorang pria yang harus melawan kedua saudara yang ingin membunuhnya. Sementara vokalis Black Sabbath, Ozzy Osbourne… well, dia menggigit leher kelelawar. Mana yang lebih seram?

2. White Zombie
WHITE ZOMBIE adalah salah satu film klasik dalam sejarah horor. Film ini kerap disebut sebagai film zombie pertama, didukung oleh Raja Horor dan pemeran Dracula pertama, Bela Lugosi.

Rob Zombie dan bandnya, White Zombie, pun jujur mengakui film itu jadi inspirasi nama band mereka. Oh ya, Rob juga terjun ke dunia film beberapa tahun belakangan. Apakah WHITE ZOMBIE yang menginspirasinya?

3. My Bloody Valentine
Film MY BLOODY VALENTINE begitu bagus, sampai diproduksi dua kali, yang terbaru memakai teknologi 3D. Yang pertama digarap dengan dana sedikit sehingga kualitas pun ada adanya.

Tetapi di tahun 1981, MY BLOODY VALENTINE sudah jadi film slasher yang menakutkan. Dua tahun kemudian, di Irlandia, lahirlah band trio My Bloody Valentine yang merilis debut album pada 1985.

4. Evil Dead
Film satu ini sangat tepat sebagai tontonan saat Halloween. EVIL DEAD dibuat oleh Sam Raimi, yang jadi legenda setelah membuat film SPIDERMAN. EVIL DEAD sendiri terbagi dalam trilogi.

Pada 1987, ketika EVIL DEAD II dirilis, muncul pula band bernama Evildead. Memilih thrash metal, mereka merekam dua album, dua mini album dan satu album live sebelum break. Tahun 1991, album THE UNDERWORLD dirilis, dengan perubahan personel.

5. Nosferatu
NOSFERATU dianggap sebagai masterpiece dari Jerman. Coba tebak film ini dirilis tahun berapa? 1922, dengan judul lengkapnya NOSFERATU: A SYMPHONY OF HORROR. Nosferatu kerap disamakan seperti tokoh Drakula, bahkan sempat terjadi perkara hukum soal hak cipta dengan Bram Stoker.

Dari Jerman ke Inggris, pada 1988 ada sebuah band gothic bernama Nosferatu. 65 tahun setelah filmnya rilis, Nosferatu yang band sempat melepas sebuah album, WONDERLAND, sebelum bubar tahun 2011.

6. Suspiria
Dari Italia, film SUSPIRIA dirilis tahun 1977, disutradarai oleh Dario Argento yang dianggap salah seorang revolusioner film Italia. Istimewanya, ada dua band yang sama-sama mengusung nama Suspiria.

Yang satu datang dari Inggris, memainkan goth rock. Namun yang lebih terkenal adalah Susperia, yang membedakan diri dengan satu huruf ‘e’. Di dalamnya, ada nama Tjodalv (Dimmu Borgir) dan Cyrus (Satyricon). Band Norwegia ini telah merilis lima album sejak 2001, ditambah satu mini album.

7. Two Thousand Maniacs!
Cerita terakhir ini agak lucu, karena sebenarnya judul filmnya adalah TWO THOUSAND MANIACS. Gara-gara kehadiran band 10,000 Maniacs, semua orang jadi berpikir filmnya pun punya judul ONE THOUSAND MANIACS!

Sang vokalis, Steven Gustafson mengakui sering sekali harus menjelaskan kondisi sesungguhnya. Dan kebanyakan reaksi penanya adalah bertanya lagi, “Benarkah?” karena mereka pun lupa judul asli film itu.

TWO THOUSAND MANIACS beredar tahun 1963, dibintang Playboy Playmate saat itu, Connie Mason. Ada dua sekuel lagi setelahnya. Sementara 10,000 Maniacs adalah band alternatif yang pernah mencicipi manisnya kejayaan di awal 90-an dengan lagu These Are Days.


loading...
7 Band Yang Namanya Terinspirasi Film Horor | makinseru | 4.5