6 Hal Aneh yang Bisa Terjadi Saat Tidur

tidur

Tidur adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan manusia, sekaligus kegiatan yang diperlukan oleh manusia. Bagi banyak orang, tidur bukanlah hal yang sulit dilakukan. Mereka bisa tidur dengan tenang dan nyenyak hingga keesokan harinya. Namun bagi beberapa orang, tidur bisa jadi saat yang tidak menyenangkan.

Hal ini berlaku pada orang-orang yang mengalami masalah tidur seperti insomnia, apnea tidur, dan lainnya. Namun selain masalah-masalah tersebut, tak jarang juga ada orang yang mengalami hal-hal tak biasa dalam tidur mereka.

Berikut adalah beberapa hal gila yang bisa terjadi pada seseorang ketika sedang tidur, seperti dilansir oleh Men’s Health (16/04).

1. Merasa seperti terjatuh

Anda mungkin pernah mengalami perasaan semacam ini. Ketika Anda baru saja terlelap dan belum benar-benar tidur, lalu tiba-tiba saja Anda merasa seperti terjatuh ke dalam lubang atau terpeleset hingga tubuh Anda tersentak bangun. Pengalaman semacam ini disebut sebagai ‘hypnagogic jerk’.

Biasanya ketika tidur, tubuh manusia akan kaku dan tidak bergerak. Namun terkadang seseorang bisa mulai bermimpi sebelum tubuh mereka berada pada mode ‘off’ atau ‘mati’. Ketika mengalami mimpi dan tubuh baru akan masuk ke mode ‘mati’, fenomena seperti jatuh dan terpeleset ini bisa terjadi.

Menurut seorang ahli tidur W. Christopher Winter, M.D, fenomena ini bisa terjadi ketika seseorang terlalu lelah, kurang tidur, atau sedang stres. Ketika mengalami beberapa masalah emosi tersebut, pusat otak biasanya lebih agresif dan mendahului kinerja tubuh. Inilah yang menyebabkan terjadinya fenomena seperti terjatuh atau terpeleset saat baru tidur.

2. Tak bisa bergerak saat bangun

Pernah merasa tak bisa bergerak ketika membuka mata atau bangun, baik di malam atau pagi hari? Hal ini biasanya disebut sleep paralysis. Bayangkan betapa menakutkannya ketika Anda terbangun dan membuka mata, namun tubuh Anda tak bisa digerakkan dan Anda tak bisa bicara selama beberapa detik sampai beberapa menit.

Banyak yang percaya fenomena ini berkaitan dengan hal-hal mistis seperti sedang diduduki hantu atau yang lainnya. Padahal menurut Dr Winter hal ini sebenarnya tak berkaitan dengan mistis sama sekali. Fenomena ini terjadi ketika semua otot tubuh, termasuk otot yang berkaitan dengan fungsi pernapasan belum sepenuhnya aktif dan masih ;tertidur’ sementara kesadaran seseorang sudah bangun. Ini berkebalikan dengan terjadinya hypnagogic jerk di poin pertama.

3. Tidur berjalan

Anda pasti sering melihat fenomena orang berjalan sambil tidur. Dalam televisi, terkadang fenomena ini dijadikan bahan lelucon. Padahal sesungguhnya berjalan dalam tidur juga bisa membahayakan. Ketika seseorang tak menyadari apa yang ada di depannya, dia bisa terkena bahaya apapun, mulai dari jatuh, keluar rumah, atau bahkan tertabrak.

Menurut Dr Winter, berjalan sambil tidur terjadi karena tubuh telah terbangun namun otak belum sepenuhnya terbangun. Ini menyebabkan seseorang berjalan saat tidur dengan kesadaran yang hampir tak ada. Hal ini juga yang membuat seseorang yang berjalan sambil tidur tidak mengingat apapun ketika dia berjalan sambil tidur.

Uniknya, orang yang mengalami hal ini bisa melakukan apapun yang mereka mau. Beberapa kasus yang pernah terjadi adalah orang yang tak hanya berjalan sambil tidur, melainkan juga memasak sambil tidur atau mengendarai mobil sambil tidur. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan harus segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan cara mengatasinya.

4. Mengigau

Mengigau tentunya bukan hal yang asing bagi banyak orang. Namun tetap saja mengigau adalah fenomena yang unik saat tidur, terutama jika seseorang bisa bicara dengan jelas dan tak hanya mengeluarkan ceracauan. Biasanya fenomena ini terjadi pada satu atau dua jam pertama setelah tidur.

Pada saat tersebut otot tubuh sudah memasuki waktu tidur, namun masih ada otot yang aktif dan memproduksi suara serta gerakan mulut yang menyertai mimpi. Penelitian juga mengungkap bahwa sekitar lima persen orang dewasa memiliki kebiasaan ini.

5. Bercinta saat tidur

Ya, Anda pasti berpikir bahwa seseorang tentu biasa bercinta sebelum tidur. Namun bagaimana dengan bercinta sambil tidur? Ini bukanlah hal yang mustahil terjadi, karena faktanya tak sedikit orang yang memiliki kelainan ini. Mereka biasanya terbangun di malam hari untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan, padahal sesungguhnya mereka sedang terlelap dan tak sadar melakukan seks dengan pasangan.

Melalui pengamatan terhadap banyak penelitian, Dr Winter mengungkap bahwa seringkali perilaku seks yang ditunjukkan seseorang sambil tidur sangat berbeda dengan perilaku seks yang dilakukannya saat sadar. Hal ini sebenarnya hampir sama dengan berjalan sambil tidur, namun lebih mengarah pada pemuasan hubungan seksual.

6. Sindrom kepala pecah

Ya, sama seperti namanya yang cukup mengerikan, sindrom kepala pecah memang bisa membuat orang mereka kepala mereka siap meledak secara tiba-tiba. Padahal di dunia nyata, sebenarnya kepala mereka tak bermasalah. Hanya mereka sendiri saja yang tiba-tiba merasakan sakit kepala yang parah hingga hampir meledak atau pecah.

Menurut peneliti, hal ini terjadi sama seperti sleep paralysis. Ketika otot tubuh yang lain masih belum sepenuhnya sadar, otot di kepala sudah bereaksi dengan lebih cepat. Itulah beberapa hal gila yang bisa terjadi ketika tidur. Apakah Anda pernah mengalaminya?


loading...
6 Hal Aneh yang Bisa Terjadi Saat Tidur | makinseru | 4.5