6 Fakta Pilot yang Jarang Diketahui Oleh Penumpangnya

pilot

Menjadi seorang pilot memang tidak mudah. Nyawa seluruh penumpangnya digantungkan kepada seorang pilot ketika berada di udara. Terkadang pilot juga memiliki rahasia-rahasia yang tidak boleh disampaikan kepada penumpangnya. Entah dengan maksud apa, yang pasti seorang pilot tetaplah seorang manusia biasa. Sobat JBers, berikut ini adalah fakta-fakta seorang pilot yang tak banyak diketahui oleh masyarakat umum. Seperti apa rahasianya? yuk kita simak ulasannya.

1. Pilot stres jika kekurangan bahan bakar
Kehabisan bahan bakar ketika anda menaiki sebuah bus atau kendaraan di darat mungkin hal yang biasa. Kepanikan pun tidak akan berlangsung lama jika sang supir dengan cepat bisa menemukan pom bensin terdekat. Namun apa jadinya jika hal itu terjadi pula kepada seorang pilot?. Mereka akan sangat stress ketika bahan bakar pesawatnya menipis, sementara perjalanan masih jauh. Hal ini bisa karena terjadi akibat cuaca buruk atau penundaan keberangkatan.

“Saya sering bekerja dalam tekanan saat terbang dengan bahan bakar yang lebih sedikit. Masalahnya, jika tiba-tiba ada delay dan badai, lalu bahan bakar di pesawat tinggal sedikit, mau tak mau kami mendarat di bandara alternatif,” kata seorang pilot dari maskapai besar.

2. Pilot pantangan memberi tahu hal buruk kepada penumpang
Dalam berbagai keadaan, sang pilot akan lebih berkonsentrasi bagaimana mengatasi masalahnya dari pada memberitahu kepada penumpang jika pesawatnya mengalami masalah. Hal ini dilakukan agar para penumpang tidak panik dan tidak memberikan rasa takut kepada para penumpang.

“Kami hanya memberi tahu hal-hal yang perlu penumpang tahu. Kami tidak akan mengatakan hal-hal yang akan menakuti para penumpang. Jadi, Anda takkan pernah mendengar saya berkata ‘Bapak dan ibu yang terhormat, pesawat baru saja mengalami gagal mesin’ walau pada kenyataannya benar adanya,” ujar Jim Tilmon, pensiunan pilot American Airlines.

3. Pilot berbohong soal lama perjalanan
“Saat pengumuman, kami biasanya menambahkan durasi dari yang seharusnya. Jadi misal durasi penerbangan adalah 1 jam 45 menit, kami akan mengatakan akan berlangsung selama 2 jam. Tujuannya, agar kami bisa tetap hadir dalam waktu yang tepat,” ujar seorang Kapten Pilot AirTran Airways.

4. Di landasan pendek, pendaratan tak mungkin mulus
“Pada beberapa landasan yang pendek, Anda takkan bisa mendapat pendaratan yang mulus tak peduli betapa jago pilotnya,” ungkap Joe D’Eon, pilot dari maskapai besar.

5. Dalam beberapa kasus, penerbangan delay karena pilot
Pilot juga manusia biasa. Mereka terkadang tidak mendapatkan fasilitas makan pagi atau siang dari kantor tempat mereka bekerja. Alhasil mereka terpaksa mencari makan sendiri. Tidak jarang penerbangan delay gara-gara hal sepele seperti itu.

“Kadang, maskapai tidak memberi kami makan pagi atau makan siang, atau bahkan waktu untuk makan. Jadi kami harus menunda penerbangan barang sejenak agar kami bisa makan,” ujar seorang pilot dari maskapai regional.

6. Jam kerja pilot mirip supir truk
“Kenyataannya, kami sangat kelelahan. Peraturan kerja kami memperbolehkan pilot bekerja selama 16 jam nonstop. Durasi demikian bahkan lebih panjang dibanding supir truk. Tidak seperti supir truk yang bisa berhenti di rest area untuk istirahat, kami tidak bisa berhenti di udara untuk melepas lelah,” ungkap kapten pilot dari maskapai besar.


loading...
6 Fakta Pilot yang Jarang Diketahui Oleh Penumpangnya | makinseru | 4.5