5 Tips mengatasi Berat Badan Setelah Lebaran

tips diet

Tidak terasa puasa satu bulan sudah kita lalui dengan hikmat. Saat bulan puasa pada siang hari kita tidak boleh makan dan minum yang secara otomatis merupakan program diet sekaligus ibadah. Tetapi saat lebaran yang baru saja kita lalui, tentu banyak sekali hidangan yang tersaji yang bisa menggugah selera makan kita tidak terkontrol.

Saat liburan panjang lebaran kemarin tentu saja kita manfaatkan untuk silaturahim dan mengunjungi saudara-saudara kita. Pastinya berbagai hidngan lezat dihidangkan di sana dari ketupat, opor ayam serta berbagai macam kue-kue manis yang menggugah selera. Tidaklah mengherankan kalau setelah lebaran justru berat badan kita bertambah.

Berikut ini ada beberapa tips agar berat badan kita stabil setelah lebaran, di antaranya:

Makan dengan porsi kecil
Bila kita disuguhi makanan yang banyak pilihan yang pingin kita cicipi, usahakan mengambil makanan dalam porsi sewajarnya, kurangi masing-masing makanan yang kita ambil kedalam piring. Usahakan juga menghindari kue-kue kering dan cake karena kaya akan lemak.

Kontrol kalori
Banyak diantara kita justru mengalami kenaikan berat badan setelah berpuasa dan lebaran. Hal ini dikarenakan tidak adanya kontrol yang baik terhadap jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Sesuaikan kebutuhan kalori dengan asupan kalori yang dikonsumsi.

Konsumsi buah-buahan
Perbanyak asupan buah-buahan segar seperti apel dan jeruk. Dan sebelum bersilaturahim ke rumah teman atau kerabat, sangat dianjurkan untuk makan terlenih dahulu terlebih untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Saat perurt kita tidak merasakan lapar akan sedikit membantu mengurangi selera makan.

Minum air putih
Sudah banyak penelitian medis menyatakan bahwa air sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, bahwa air putih sangat bermanfaat untuk membuat tubuh langsing. Alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi air putih yang banyak. Nah, pastikan Anda tetap mengutamakan minum air putih ketimbang minuman lainnya.

Olahraga
Olahraga mungkin menjadi satu rutinitas yang diabaikan usai Lebaran. Untuk tetap memiliki tubuh langsing ideal selain pola makan Anda juga harus rutin olahraga. Olahraga berguna untuk membuang racun-racun yang bersarang di tubuh. Olahraga juga dipercaya sebagai cara yang paling sehat membakar kalori berlebih dalam tubuh.

Itulah beberapa tips agar tubuh kita mempunyai berat yang stabil stelah lebaran, bukankah kita sudah ditempa selama sebulan berpuasa seharusnya kita juga bisa mengendalikan nafsu makan kita saat lebaran tiba.


loading...
5 Tips mengatasi Berat Badan Setelah Lebaran | makinseru | 4.5