5 Kuliner Ekstrem, dari Kalajengking hingga Kadal

Kuliner memang merupakan salah satu faktor budaya yang dimiliki setiap masyarakat di dunia. Setiap budaya memiliki kuliner ekstrem yang ternyata memiliki daya tarik tersendiri terhadap penikmatnya.

Ragam kuliner ekstrem tersebut lantas disebut sebagai kuliner eksotis karena begitu unik dan tidak biasa. Jika di Indonesia ada kopi luwak, sate biawak, bulu babi dan masih banyak lagi, beberapa masyarakat di dunia juga memiliki sederet kuliner eksotis lain. Mau tahu apa saja? Berikut daftarnya seperti dilansir laman Allwomenstalk.

1. Vodka kalajengking

scorpion_vodka

Minuman asal Rusia ini biasa dinikmati langsung atau diracik menjadi cocktail. Namun, vodka yang satu ini terbilang unik karena proses pembuatannya menggunakan kalajengking.

Hewan beracun ini harus didetoksifikasi terlebih dahulu sebelum direndam kedalam vodka selama tiga bulan. Hal tersebut membuat vodka memiliki rasa yang lebih tajam. Namun ada pula sentuhan rasa kayu yang lembut. Minuman ini konon berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan libido.

2. Wine kadal

lizard-wine

Wine biasanya terbuat dari buah anggur atau beras yang difermentasikan dan biasa dinikmati bersama hidangan daging. Tapi, tahu kah Anda bahwa terdapat wine unik yang menggunakan kadal sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Kadal-kadal direndam di dalam wine beras selama setahun sehingga menghasilkan wine yang berwarna hijau. Banyak masyarakat tradisional percaya bahwa mengkonsumsi wine kadal mampu menolak bala dan meningkatkan penglihatan.

3. Kopi musang

kopi musang

Menikmati kopi memang telah menjadi budaya yang mendunia sejak jaman dahulu. Beberapa waktu lalu, kopi luwak sempat menjadi primadona para pecinta kopi karena rasanya yang lebih lezat akibat fermentasi alami yang dialami di perut luwak.

Namun, tahukah Anda terdapat pula kopi yang terbuat dari muntahan musang? Bukan muntahan langsung, melainkan biji dari kopi yang dimuntahkan oleh musang. Kopi ini sangat terkenal di Vietnam karena kaya rasa dan juga memiliki sentuhan rasa cokelat.

4. Lolipop mutiara

lolipop mutiara

Permen yang banyak disukai anak-anak karena bentuk dan warnanya yang beragam ini sapa seperti permen lainnya yakni terbuat dari gula. Namun, dengan tambahan mutiara asli. Walaupun agak aneh, tetapi faktanya banyak masyarakat tradisional di Asia mengonsumsi mutiara mentah sejak berabad-abad lalu. Konsumsi mutiara juga dipercaya mampu membantu melancarkan persalinan.

5. Lolipop semut

lolipop semut

Nah, lolipop ini terbilang sangat aneh karena terbuat dari gula yang dicampurkan dengan kumpulan semut yang diberi rasa peppermint. Cita rasanya pedas menyerupai merica namun berkhasiat memberikan tambahan tenaga dan menyegarkan mulut.

sumber


loading...
5 Kuliner Ekstrem, dari Kalajengking hingga Kadal | makinseru | 4.5