5 Cara Ampuh Atasi Kecanduan Facebook

Facebook telah menjadi sahabat abadi sebagian besar orang. Apalagi tren bersosial media memang semakin menjamur di Indonesia. Tidak hanya anak muda dan orang tua, anak-anak pun mulai banyak yang memiliki akun pribadi di sosial media, salah satunya Facebook.

skeleton-computer-460x312

Jejaring sosial besutan Mark Zuckenberg ini memang memiliki daya tarik tersendiri sebagai sosial media yang multi-fungsi, maka jangan heran jika ada orang yang betah berjam-jam memainkan Faceboook. Bermain Facebook memang tidak ada salahnya, namun jika sudah kecanduan dan sampai mengganggu aktivitas lain, ini bisa berbahaya.

Berikut ini tips untuk mengatasi kecanduan Facebook, seperti dilansir laman Mashable dan dikutip JadiBerita, Jumat (28/12/2012).

1. Tentukan Tujuan

Faceboook sangat bagus dipakai untuk banyak hal. Namun ingat kembali apa tujuan pertama kali Anda memakai Facebook. Apakah untuk mempromosikan bisnis Anda, atau hanya sekedar berinteraksi dengan teman lama? Jadi mulai sekarang tentukan kembali niat dan tujuan Anda memakai Facebook.

2. Batasi Waktu

Setelah menentukan tujuan Anda memakai Facebook, kini saatnya Anda harus mulai bisa membatasi waktu bermain Facebook. Misalnya dalam sehari cukup 2 jam saja, dan itu setelah menyelesaikan tugas kantor atau sekolah. Namun jika sulit menerapkannya, cobalah memakai aplikasi ekstensi “StayFocus” yang ada di browser Google Chrome. Ekstensi ini memungkinkan Anda membatasi waktu di situs web tertentu.

3. Berbagi Agenda

Cobalah install aplikasi kalender ’30 Boxes’ di Facebook. Aplikasi ini berguna untuk mengatur dan membagi tujuan dan agenda Anda ke teman-teman di Facebook. Minta teman Anda di Facebook untuk menjadi motivator untuk mencapai tujuan dan target Anda. Buatlah jadwal pribadi agar Anda tetap bisa bertanggung jawab memenuhi tenggat waktu dan tujuan yang Anda miliki.

Aplikasi kalender ’30 Boxes’ ini juga kompatibel dengan beberapa platform termasuk Twitter, Blogger, WordPress, Yahoo Mail dan Google Calendar. Dan palikasi ini juga dapat diakses melalui smartphone Anda melalui versi mobile dari kalender.

4. Anggap Sebagai Hiburan

Jika Anda menganggap Facebook sebagai sumber hiburan Anda, maka pastikan untuk menggunakannya hanya sebagai ‘hadiah’ di waktu luang Anda. Misalnya setelah menyelesaikan pekerjaan kantor, Anda bisa mengisi waktu luang dengan bermain Facebook dulu selama beberapa menit. Maka dengan begitu pekerjaan Anda beres, status Facebook pun tetap update.

5. Matikan Komputer

Cara paling jitu yang bisa dilakukan agar Anda tidak melulu bermain di Facebook adalah dengan mematikan komputer. Cobalah pergi keluar dan mencari aktivitas lain yang lebih bermanfaat, atau dengan menyalurkan hobi Anda di dunia nyata seperti bermain basket, berenang, membuat kerajinan dan sebagainya. Bagaimanapun, sosialisasi di dunia nyata sangat dibutuhkan.


loading...
5 Cara Ampuh Atasi Kecanduan Facebook | makinseru | 4.5