3 Gerbong Kereta Paling Unik di Dunia

Sekarang ini banyak kereta yang menghias dan membuat gerbongnya dengan unik untuk menarik perhatian traveler, seperti 3 kereta di dunia ini. Salah satu gerbong paling unik pun berasal dari Indonesia lho!

Mulai gambar-gambar manga sampai bentuk dekorasi yang beda, kini menghiasi gerbong-gerbong kereta. Bahkan saking uniknya, ide kreatif itu berhasil mengambil alih perhatian dan membuat traveler penasaran untuk merasakan langsung naik kereta-kereta tersebut.

inilah 3 gerbong kereta paling unik di dunia:

1. Gerbong ala Istana Versailles di Prancis

kereta unik

Keindahan dan kemegahan arsitektur Istana Versailles di Paris, Prancis, ternyata menginspirasi dekorasi kereta Commuter Train RER. Banyak wisatawan yang tersihir dengan arsitekturnya.

Comuter Train RER jalur C, menjadi transportasi yang siap mengantarkan Anda menuju Istana Versailles dari pusat kota Paris. Keunikan dari kereta ini adalah seluruh gerbongnya didekorasi layaknya Istana Versailles. warna emas dan merah mendominasi dinding dan bangku, hingga patung yang menghiasi pintu gerbongnya. Tidak ketinggalan, langit-langit kereta juga ditempelkan wallpaper dengan lukisan langit-langit Versailles, demikian dilansir dari Daily Mail.

Seolah ingin memberikan tampilan terbaiknya, gerbong kereta ini benar-benar menyuguhkan suasana nyaman seperti berada di dalam Istana Versailles. Bahkan, salah satu gerbong dilapisi plastik bergambar perpustakaan Versailles. Tidak hanya itu, adapula gerbong yang dibuat seperti Hall of Mirrors, Gallery of Battles, dan kebun bunga Marie-Antoinette.

2. Gerbong Batik di Indonesia

Interior di KA Sancak

Seperti tak mau kalah dengan, Prancis yang ‘memindahkan’ Istana Versailles ke dalam gerbong kereta, Indonesia punya gerbong kereta bercorak batik. Gerbong bertema batik tersebut diluncurkan oleh PTKAI pada tanggal 27 dan 28 Juli lalu.

Dua gerbong batik, masing-masing ada di KA Sancaka rute Yogyakarta-Surabaya dan KA Gajayana rute Malang-Jakarta. Gerbong-gerbong ini berfungsi sebagai gerbong makan atau restoran. Semua penumpang yang ingin makan di sini tak lagi bosan dengan memandangi interior dengan warna standar karena sudah dipoles cantik dengan gambar batik.

Keunikan motif batik ini pun mendapat perhatian dari traveler. Tak jarang traveler yang mengabadikan foto di depan gerbong. Gerbong batik di KA Sancaka memiliki motif sederhana berwarna merah, kuning dan putih.

Sedangkan gerbong batik di KA Gajayana didominasi dengan warna ungu dan putih. Jenis batik yang ada di gerbong ini adalah Bekisar dan Truntum, jenis motif khas daerah pesisir. Pastinya saat traveling dengan dua kereta ini, pelancong pasti makin cinta dengan Indonesia.

3. Gerbong Manga dan Anime di Jepang

kereta manga anime

Manga dan anime, ternyata bisa menarik minat wisatawan ke Jepang. Agar terlihat lebih menarik dan unik, sejumlah kereta di Negeri Sakura itu dihiasi dengan karakter manga dan anime.

Kereta jalur Izu Kyuko yang menyusuri Semenanjung Izu atau daerah wisata populer di pesisir selatan Jepang, menggunakan karakter serial televisi anime yang populer, seperti Natsuiro Kiseki untuk memicu minat kunjungan wisatawan. Mulai dari bagian gerbong dalam dan luar, serta kursi penumpang semuanya berhiasakan gambar manga. Bahkan wisatawan juga bisa mendengar pengumuman kereta dengan suara tokoh utama acara tersebut, dari situs Daily Mail.

Kini, perusahaan kereta lainnya, seperti The West Japan Railway, Hokkaido Railway dan Shinano Railway juga sudah menghiasi kereta mereka dengan gambar kartun Jepang. Kebanyakan dari mereka menggunakan karakter manga dengan rating tertinggi di televisi.


loading...
3 Gerbong Kereta Paling Unik di Dunia | makinseru | 4.5