10 Gedung Terunik Dan Teraneh Di Dunia

Di dunia ini banyak sekali hal-hal aneh dan unik, dan lucunya, kebanyakan hal-hal aneh dan unik itu terjadi karena memang dibuat oleh manusia. Contohnya gedung bangunan.Dan entah apa yang ada di pikiran mereka arsitek gedung, mereka mendesain sebuah bangunan dengan cara yang unik dan berbeda dari yang selama ini diketahui. Desain unik gedung itu bahkan bisa disebut ekstrem dan tak masuk akal.

Seperti apa gedung-gedung dengan desain paling unik dan aneh yang ada di dunia ini? Dan apakah kamu berharap bisa berfoto di depannya?

1. Menara Hashtag, Seoul – Korea Selatan
Pernah melihat tanda #? Di mana? Di Twitter? Ya, itu benar. Tapi rupanya tanda # bukan milik para pengguna aktif Twitter. Jauh sebelum itu, pesawat telepon sudah memiliki simbol # dalam tombol mereka.

Dan kali ini yang lebih ekstrem, perusahaan arsitek Denmark, BIG (Bjarke Ingels Group) merancang sebuah kompleks menara apartemen yang berbentuk # di kawasan distrik bisni Yongsan, Seoul, Korea Selatan. Dengan tiga jembatan berdesain unik menghubungan kedua menara. Menara # memperlihatkan komunitas urban baru dengan gaya tiga dimensi.

2. Gedung Gajah, Bangkok – Thailand
Berbicara soal Thailand maka tak tertinggal soal hewan khas negara itu yakni gajah. Dan akan terdengar aneh jika Bangkok tak memiliki simbol gajah yang unik. Karena itu pemerintah Thailand membangun gedung yang disebut Gedung Gajah di Thailand.

Didesain oleh Sumet Jumsai, gedung itu selesai dibangun pada tahun 1997. Mungkin pemerintah kota Surabaya bisa meniru dengan membangun gedung sura (semacam hiu putih) dan baya (bahasa Jawa untuk buaya).

3. Gedung Ren, Shanghai – China
Gedung bernama Ren ini didesain menarik oleh PLOT, yang kini dibagi menjadi BIG (Bjarke Ingels Group) dan JDS (Julien De Smedt). Gedung ini merupakan hotel, area olahraga dan pusat konferensi untuk World Expo 2010 di Shanghai, China.

Bangunan ini terdiri dari dua bagian. Bangunan pertama yang dibangun di atas air meurpakan pusat aktivitas, olahraga, dan pusat budaya. Sementara bangunan kedua yang dibangun di atas tanah sebagai relaksasi, pusat pertemuan dan rapat. Kedua bangunan bertemu di ruangan hotel yang ke-1000. Sangat cantik dan romantis bukan?

4. Gedung Swastika, California – Amerika Serikat
Melihat bentuk gedung ini, apa yang kalian ingat? Sebagian orang pasti mengingat bentuk populer dari simbol Swastika agama Hindhu. Namun pengamat sejarah akan membandingkan bentuk gedung dari markas angkatan laut Amerika Serikat ini dengan simbol organisasi terlarang, NAZI.

Karena tingginya kontroversi, maka pihak angkatan laut memutuskan untuk mengubah bentuk bangunan.

5. Museum Nasional Wing Shape Zayed, Uni Emirat Arab
Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir Uni Emirat Arab memang seringkali membangun gedung unik. Salah satunya adalah bangunan berbentuk sayap ini yakni Museum Nasional Zayed yang didesain oleh Foster and Partners. Berlokasi di pulau Saadiyat, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Gedung ini merupakan museum terlengkap yang menampilkan sejarah, kebudayaan, dan perubahan sosial ekonomi di Abu Dhabi.

Dengan lima menara berbentuk sayap yang berguna sebagai sirkulasi udara sehingga museum ini tidak memerlukan listrik. Untuk pendingin ruangan hanya memanfaatkan sistem pipa udara yang dilempar langsung ke seluruh menara. Benar-benar ramah lingkungan.

6. Gedung Berjoget, Republik Ceko
Gedung unik disebut gedung menari. Lantas apakah gedung ini bisa berjoget jadi mendapat julukan seperti itu? Bukan, gedung yang terletak di kota Praha, Ceko ini memang didesain khusus seakan terpelintir dan berjoget.

Didesain olah arsitek Kroasia-Ceko, Vlado Milunic pada tahun 1992-1996, gedung ini awalnya memiliki nama Fred and Ginger yang merupakan nama pasangan dancer.

7. Gedung COR, Miami – Florida
Gedung ramah lingkungan di distrik Miami ini merupakan dibuat atas kolaborasi desain+arsitek Chad Oppenheim dan konsultan energi Buro Happold, serta insinyur struktur Ysreal Seinuk.

Disebut dengan COR, gedung ini menggunakan teknologi hijau seperti turbin angen, generator solar air panas dan panel photovoltaic. Hampir seluruh lantai ubin merupakan kaca daur ulang dan lorong yang dibuat dari bambu berlapis.

8. Pencakar Langit Kayu, Vancouver – Kanada
Ide ini cukup radikal, di mana arsitek Michael Green ini membangun gedung pencakar langit dari kayu. Untungnya, kayu memiliki kelebihan yang lebih pekat daripada baja atau beton, dan tentunya kayu lebih ramah lingkungan dan murah.

Panel gedung ini disebut terbuat dari lapisan helai kayu yang menambah sisi ramah lingkungan dari gedung ini. Tapi bagaimana dengan pohon yang ditebang? Tenang saja, pihak gedung melakukan proses reboisasi yang bertanggung jawab.

9. Gedung Koin, Uni Emirat Arab
Seakan menara berbentuk sayap masih kurang, pemerintah Abu Dhabi membangun gedung berbentuk koin besar yang merupakan markas pusat dari Aldar.

Didesain oleh MZ Architects dan dibuka pada tahun 2010. Gedung ini merupakan gedung pencakar langit pertama di dunia yang berbentuk bulat. Semoga tidak menggelinding ya.

10. Gedung Telor, China
Gedung yang tampak cantik ini dikenal dengan nama The Egg (telor). Merupakan Pusat Pertunjukkan Seni Nasional China. Bangunan ini berbentuk kubah yang tampak seakan terendam di dalam air dan memiliki gedung opera, hall concert, dan theater.

Hebatnya lagi, gedung ini merupakan rumah untuk koridor bawah air, bahkan danau buatan.

loading...
10 Gedung Terunik Dan Teraneh Di Dunia | makinseru | 4.5